Profil Torino FC Sejarah Dan Prestasi

by -148 Views

Jakarta – Torino FC atau biasa disebut dengan Torino merupakan nama klub sepak bola Italia yang bermarkas di kota Torino, Italia. Torino juga dijuluki dengan Il Toro (Si Banteng) dan I Granata (Si Merah Marun). Torino bermarkas di Olimpico Grande Torino yang mempunyai kapasitas: 27.958 orang penonton.

Sejarah
Torino berdiri pada awal 1940-an dan mereka menjadi tim Italia pertama yang merebut scudetto 5 kali berturut-turut. Karenanya mereka dijuluki Il Grande Torino.

Sayangnya kejayaan mereka saat itu harus berakhir dengan tragis ketika seluruh anggota tim Il Grande Torino tewas dalam kecelakaan pesawat yang menabrak dinding Basilica Superga. Kecelakaan tersebut terjadi di bukit Superga pada tanggal 4 Mei 1948 setelah melawat ke Lisbon dalam laga persahabatan melawan Sporting Lisbon.

Seluruh pemain dan pelatih seperti Ezio Loik, Valentino Mazzola, Mario Rigamonti, dan Romeo Menti, yang juga anggota tim nasional Italia tewas, dan menyisakan satu orang saja yang kebetulan tidak ikut karena cedera.

Torino merupakan salah satu klub tersukses di Italia dengan 7 gelar juara liga. Mereka juga menjuarai Coppa Italia sebanyak 5 kali. Di kancah internasional, Torino pernah menjuarai Mitropa Cup pada tahun 1991 dan merupakan finalis dari Piala UEFA musim 1991-92.

Torino memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Olimpico Grande Torino . Stadion tersebut sebelumnya dikenal dengan nama Stadio Comunale Vittorio Pozzo hingga tahun 2006. Warna klub tersebut adalah merah marun, melambangkan banteng yang sedang tidak terkendali, sebuah simbol tradisional dari kota Turin yang juga merupakan asal dari julukan klub tersebut, “Il Toro” (Si Banteng).

Pelatih
Ivan Jurić saat ini, ia merupakan pelatih bagi klub Torino.Ivan merupakan mantan pesepakbola profesional yang bermain sebagai gelandang.

Pemain Torino
Gleison Bremer,Lyanco,Armando Izzo,Jacopo Segre,Saša Lukić,Daniele Baselli,Andrea Belotti (kapten),Iago Falque,Simone Zaza,Ricardo Rodríguez,Nicola Rauti,Cristian Ansaldi,Wilfried Singo.Samir Ujkani,Alessandro Fiordaliso,Simone Edera,Álex Berenguer,Vincenzo Millico,Soualiho Meïté,Simone Verdi,Antonio Rosati,Mërgim Vojvoda.,Nicola Murru (pinjaman dari Sampdoria),Koffi Djidji,Vanja Milinković-Savić,Nicolas Nkoulou,Salvatore Sirigu (wakil kapten),Erick Ferigra,Karol Linetty,Ndary Adopo,Tomás Rincón,Alessandro Buongiorno.

Prestasi
7 juara Serie A (1928, 1944, 1945, 1946, 1947, 1948, 1976)
5 juara Piala Italia (1936, 1943, 1968, 1971, 1993)

(Ara-Satupedia.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.