Profil Spezia Sejarah Dan Prestasi

by -134 Views

Jakarta – A.S.D. Spezia Calcio 2008 yang juga disebut dengan Spezia dulunya bernama Spezia Calcio 1906 adalah klub sepak bola Italia, bermarkas di La Spezia, Liguria.Klub tersebut juga dijuluki dengan Aquilotti yang berarti elang.

Dengan seragam khas putih dan hitam, klub tersebut bermarkas di Stadio Alberto Picco, La Spezia, Italia dengan kapasitas sebanyak 10,000 penonton.

Sejarah
Spezia bediri pada tahun 1906, dan pernah merebut scudetto. Pada tahun 1944, ketika terjadi perang dunia kedua, liga utama Italia dibagi menjadi beberapa grup regional dan disebut Campionato Alta Italia.

Pada waktu itu Spezia masih bernama 42 Corpo dei Vigili del Fuoco della Spezia (korps pemadam kebakaran La Spezia) setelah merger dengan tim sepak bola korps pemadam kebakaran lokal untuk menjaga jumlah pemain. Spezia tergabung dalam grup D di regional Emilia-Romagna. Pada akhirnya Spezia melaju sampai babak grup final yang diisi oleh 3 klub (Spezia, Torino, Venezia), dan diadakan di Milan.

Setelah seri 1-1 dengan Venezia dan menang 2-1 melawan il grande Torino, akhirnya Spezia meraih scudetto setelah di pertandingan ketiga Torino mengalahkan Venezia 5-2. Manis tetapi Tragis, gelar scudetto Spezia satu-satunya itu dinyatakan tidak sah oleh Federasi Sepak Bola Italia dengan alasan terjadi perang sehingga penampilan tim peserta kurang maksimal.

Pada tahun 2002, akhirnya gelar scudetto tahun 1944 itu diberikan kepada Spezia oleh F.I.G.C., tetapi tetap saja tidak dimasukkan dalam daftar peraih scudetto resmi. Untuk mengenang prestasi membanggakan itu, saat ini, dan dengan izin F.I.G.C; di seragam tim Spezia terpampang badge scudetto layaknya tim pemenang Serie A, tetapi dengan bentuk yang sedikit berbeda dari badge scudetto sebenarnya.

Pada tahun 2008 karena krisis finansial, maka klub ini mengalami kebangkrutan. Tim ini lalu dibentuk ulang dengan nama A.S.D. Spezia Calcio 2008 dan berlaga di Seri D.

Pelatih
Saat ini Spezia dilatih oleh Luca Gotti yang sebelumnya merupakan pelatih Udinese, sejak November 2019 hingga Desember 2021 lalu.

Pemain Spezia
Jeroen Zoet,Juan Manuel Ramos,Gennaro Acampora,Riccardo Marchizza (pinjaman dari Sassuolo),Luca Mora,Jacopo Sala,Matteo Ricci,Andrey Galabinov,Lucien Agoumé (pinjaman dariInter Milan),Emmanuel Gyasi,Titas Krapikas,Elio Capradossi,Federico Mattiello (pinjaman dari Atalanta),Giuseppe Mastinu,Paolo Bartolomei,Diego Farias (pinjaman dari Cagliari),Claudio Terzi (kapten),Simone Bastoni,Salva Ferrer,Julian Chabot (pinjaman dari Sampdoria),Nahuel Estévez (pinjaman dari Estudiantes),Giulio Maggiore,Tommaso Pobega (pinjaman dari Milan),Alessandro Deiola (pinjaman dari Cagliari),Martin Erlić,Daniel Maldini(pinjaman dari A.C.Milan),Ardian Ismajli,Cristian Dell’Orco (pinjaman dari Sassuolo),Luca Vignali,Rafael,Kevin Agudelo (pinjaman dari Genoa),Roberto Piccoli (pinjaman dari Atalanta).

(Ara-Satupedia.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.