Profil Persebaya Surabaya Sejarah Dan Prestasi

by -180 Views

Jakarta- Persebaya Surabaya merupakan tim kebanggan kota Surabaya, Jawa Timur yang bermain di Liga 1 Indonesia. Persebaya memiliki julukan Bajul Ijo dan Green Force.

Sejarah
Persebaya berdiri pada 18 Juni 1927 sebagai Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Sosok M. Pamoedji (28 Februari 1905 – 23 Oktober 1951) merupakan pendirinya. Pamoedji mendirikan SIVB adalah bertujuan untuk menampung para pemain-pemain sepak bola penduduk pribumi demi menyaingi dominasi klub sepak bola Soerabajasche Voetbal Bond (SVB) yang telah berdiri sejak tahun 1901 yang pemilik dan para pemain-pemainnya merupakan orang-orang Belanda yang tinggal di Surabaya pada waktu itu.

PSSI terbentuk di tahun 1950, setahun setelahnya kemudian diadakan kompetisi tahunan antar kota atau yang secara resmi disebut Kejuaraan Nasional PSSI disingkat Kejurnas PSSI.SIVB pada saat itu diperkuat oleh beberapa pemain keturunan Tionghoa yang merupakan mantan pemain-pemain dari klub Tiong Hoa Soerabaja yang bertahan hingga 1970.

Pada tahun 1943 ketua umum SIVB dijabat oleh Dr. Soewandi,kemudian nama Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB) diganti menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia Soerabaja (Persibaja).Pada tahun 1959, nama Persibaja sekali lagi dirubah menjadi Persatuan Sepak Bola Surabaya (Persebaya) yang digunakan hingga sekarang.

Baca juga  : Persebaya Surabaya Raih Kemenangan Pertama Di Laga Tandang Dengan Skor 1-0 Atas PSS Sleman

Pada musim 2009/2010 terjadi Dualisme Persebaya Surabaya. Persebaya Surabaya (PT Persebaya Indonesia) mengalami degradasi ke Divisi Utama akibat dipaksa melakukan pertandingan ulang.Pada pertandingan ulang ketiga pihak Persebaya menolak melakukan pertandingan ulang, pihak manajemen tidak terima dan tidak mau ikut kompetisi Divisi Utama kemudian mengikuti liga independen “Liga Primer Indonesia” dari sebelumnya bernama Persebaya Surabaya (PT Persebaya Indonesia) diubah menjadi Persebaya 1927 (PT Persebaya Indonesia).

Di Divisi Utama musim selanjutnya, Wisnu Wardhana mengambil alih Persikubar Kutai Barat dan mendaftarkannya sebagai Persebaya untuk mengikuti Kompetisi Divisi Utama.Pada musim 2015, Persebaya 1927 (PT Persebaya Indonesia) memenangkan gugatan hak paten nama dan logo Persebaya,secara otomatis legalitas Persebaya Surabaya adalah dibawah PT. Persebaya Indonesia.

Stadion Gelora Bung Tomo menjadi markas Persebaya yang bisa menampung 46.806 penonton dan merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center.Sedangkan untuk suporter Persebaya biasa dikenal dengan sebutan BOnek.

Pelatih
Pelatih Persebaya saat ini adalah Aji Santoso yang sebelumnya pernah menangani Arema FC, Persema Malang , Persisam Putra Samarinda dan banyak lagi.

Pemain Persebaya Surabaya
Pemain Indonesia: Dandi Maulana,Marselino Ferdinan,Andre Oktaviansyah,Mochammad Supriadi,Bramdani,Ahmad Nufiandani, Brylian Aldama,Ernando Ari,Rizky Ridho,Salman Alfarid,Julian Mancini,Michael Rumere,Widi Syarief,Koko Ari Araya,Altalariq Ballah,Arief Catur,Riswan Lauhim,Brayen Pondaag,Arizky Wahyu Satria,Andhika Ramadhani,Aditya Arya Nugraha,Risky Dwiyan,I Gede Dida Diatmika,Denny Agus,Wahyudi,Satria Tama,Alwi Slamat (Kapten),Januar Eka Ramadhan,Saiful,Muhammad Hidayat,Ruy Arianto

Pemain Asing : Léo Lelis (Brasil), Higor Vidal (Brasil), Sho Yamamoto (Jepang), Sílvio Rodrigues (Brasil)

Prestasi
Di era perserikatan karena enam kali menjadi juara, yaitu pada 1941, 1950, 1951, 1952, 1975/1978, 1987/1988. Saat era Liga Indonesia dimulai, Persebaya juga unjuk gigi. Persebaya dua kali menjadi juara pada musim 1996-1997 dan 2004. Persebaya pun hampir menjadi juara pada musim 1998 jika kompetisi tidak dihentikan karena gejolak politik di Indonesia.

(Ara-Satupedia.com)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.