Profil Newcastle United Sejarah Dan Prestasi

by -115 Views

Jakarta – Newcastle United merupakan salah satu klub sepak bola profesional Inggris yang berbasis di Newcastle upon Tyne, dan bermain di Liga Utama Inggris.

Sejarah
Newcastle United dimulai dengan perseteruan antara dua klub yaitu Newcastle East End dan Newcastle West End.Pada tahun 1892 akhirnya perseteruan tersebut usai ketika Newcastle East End yang pada saat itu adalah klub yang paling dominan di antara keduanya, dan klub Newcastle West End sebaliknya sedang mengalami krisis finansial. Akhirnya kedua kubu sepakat untuk menggabungkan diri dan membentuk satu klub yang lebih solid dengan nama Newcastle United.

Keduanya akhirnya memilih stadion St James’ Park sebagai markas klub baru dan mengganti seragam yang pada awalnya berwarna merah dan putih menjadi garis hitam putih. Lambang tradisional mereka mengambil elemen-elemen dari lambang kota tersebut, yang memiliki dua kuda laut.

Klub baru tersebut terpilih untuk masuk ke dalam Liga Sepak Bola pada tahun 1893. Pada tahun 1993, Newcastle United berhasil mendapatkan promosi untuk masuk ke Divisi Utama Liga Inggris yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan nama “English Premier League”.

Stadion St James’ Park menjadi kandang mereka hingga saat ini dan telah dikembangkan menjadi stadion all-seater pada pertengahan 1990-an dan memiliki kapasitas 52.354 penonton.

Baca juga : Stok Kiper Menipis, MU Sudah Capai Kesepakatan Personal Dengan Kiper Newcastle

Pelatih
Saat ini Newcastle dilatih oleh Edward John Frank Howe yang merupakan seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola profesional asal Inggris.

Pemain Newcastle United
Martin Dúbravka,Ciaran Clark,Paul Dummett,Ki Sung-yueng,Fabian Schär,Jamaal Lascelles (kapten),Andy Carroll,Jonjo Shelvey,Joelinton,Allan Saint-Maximin,Matt Ritchie,Dwight Gayle,Yoshinori Muto,Isaac Hayden,Jetro Willems (dipinjam dari Eintracht Frankfurt),Emil Krafth,Federico Fernández,Javier Manquillo,Florian Lejeune,Rob Elliot,DeAndre Yedlin,Miguel Almirón,Karl Darlow,Christian Atsu,Sean Longstaff.

Prestasi
Newcastle telah memenangkan empat gelar Kejuaraan Liga, enam Piala FA, dan sekali Community Shield, serta Inter-Cities Fairs Cup 1969, dan Piala Intertoto UEFA 2006. Newcastle United memiliki jumlah total trofi tertinggi kesembilan yang dimenangkan oleh sebuah klub Inggris.

Periode tersukses klub adalah antara 1904 hingga 1910, ketika mereka memenangkan Piala FA dan tiga gelar Divisi Pertama. Klub ini sangat sukses di Liga Utama pada 1990-an dan awal 2000-an tanpa memenangkan piala, tetapi telah banyak berjuang di papan bawah sejak musim 2006–07, dan terdegradasi pada tahun 2009 dan 2016. Mereka kembali ke Liga Utama untuk musim 2017–18 setelah memenangkan gelar Kejuaraan EFL pada tahun sebelumnya.

(Ara-Satupedia.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.