Profil Liverpool Sejarah Dan Prestasi

by -125 Views

Jakarta – Liverpool atau biasa juga disebut dengan The Reds merupakan sebuah klub sepak bola asal Inggris yang berbasis di Kota Liverpool dan menjadi peserta Liga Utama Inggris.

Sejarah
Liverpool didirikan pada tanggal 15 Maret 1892 sebagai akibat perseteruan antara Komite Everton FC dengan John Houlding sebagai Presiden Klub yang juga pemilik stadion Anfield. Sebelumnya pada tahun 1891 John Houlding, sebagai penyewa dari Stadion Anfield, membeli tanah tersebut secara langsung dan mengusulkan meningkatkan harga sewa dari £ 100 sampai £ 250 per tahun. Everton, yang telah bermain di Anfield selama tujuh tahun, menolaknya dan terjadi perseteruan.

Akhirnya Everton akhirnya pindah ke stadion Goodison Park dan John Holding menjadikan stadion Anfield sebagai kandang Liverpool sampai sekarang.

Sebelumnya Liverpool sempat bernama Everton FC and Athletic Grounds, Ltd., atau diringkas Everton Athletic, namun Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menolak mengakui ada dua tim bernama Everton.Pada bulan Juni 1892, John Houlding akhirnya memilih nama Liverpool F.C. sebagai nama baru yang kemudian menjelma menjadi kekuatan serius di kompetisi sepak bola Inggris.

Baca juga : Frank Lampard Kesal Kepada Wasit Karena Tidak Beri Van Dijk Kartu Merah

Mengawali debutnya sebagai klub sepak bola profesional Liverpool bermain di Liga Lancashire dan berhasil menjadi juara sebelum akhirnya bergabung dengan Divisi II Liga Inggris (sekarang bernama Football League Championship) pada musim 1893-94. Pada musim pertamanya di Divisi II, Liverpool langsung menjadi juara dan berhak untuk promosi ke Divisi I (sekarang bernama Liga Primer Inggris). Liverpool tidak menunggu lama untuk menjadi juara liga, karena pada musim pertamanya di Divisi I ini (1900-01), Liverpool sukses menjuarai Divisi I dan mengulanginya lagi lima tahun kemudian.

Liverpool juga terlibat dalam dua tragedi besar dalam sepak bola Eropa, yaitu dalam Tragedi Heysel pada 1985 dan Tragedi Hillsborough pada 1989. Tragedi Heysel mengakibatkan klub-klub dari Inggris dilarang tampil di ajang kejuaraan Eropa selama 5 tahun.

Pelatih
Liverpool pada saat ini dilatih oleh Jürgen Norbert Klopp, atau biasa disebut dengan Jurgen Kloop. Dirinya merupakan seorang mantan pemain dan pelatih sepak bola berkebangsaan Jerman dan dianggap sebagai salah satu manajer terbaik di dunia.

Pemain Liverpool :
Alisson (kapten keenam),Joe Gomez,Fabinho,Virgil van Dijk (kapten ketiga),Ibrahima Konaté,Thiago,James Milner (wakil kapten),Naby Keïta,Roberto Firmino,Mohamed Salah,Adrián,Jordan Henderson (Kapten),Alex Oxlade-Chamberlain,Curtis Jones,Harvey Elliott,Diogo Jota,Kostas Tsimikas,Calvin Ramsay,Luis Díaz,Andrew Robertson (kapten kelima),Darwin Núñez,Fábio Carvalho,Arthur Melo,Joël Matip,Nathaniel Phillips,Caoimhín Kelleher,Trent Alexander-Arnold (kapten keempat), Sepp van den Berg.

Prestasi
Liverpool telah mengoleksi (19) tropi Liga Inggris. Selama 28 musim Liga Utama Inggris bergulir, Liverpool berhasil memenangkan 1 gelar, namun Liverpool perlu menunggu selama 30 tahun untuk meraih gelar tersebut, yaitu pada musim 2019/2020. Liverpool memegang rekor (9) tropi juara Piala Liga, juara terbaru diraih pada musim 2021–22 setelah mengalahkan Chelsea lewat adu pinalti di wembley stadium.

Liverpool pernah meraih gelar ganda dengan menjuarai Liga dan Piala FA pada tahun 1986, yang terbaru Liverpool meraih gelar ganda setelah menjuarai Piala Liga dan Piala FA pada musim 2021-22. Mereka juga pernah memenangkan tiga trophi dalam satu musim sebanyak 2 kali – yang pertama mereka memenangkan Liga Inggris, Piala Liga dan Piala Champion pada tahun 1984, serta pada tahun 2001 dengan meraih Piala FA, Piala Liga dan Piala UEFA. Liverpool juga pernah meraih gelar ganda eropa dengan menjuarai Liga dan Piala Champion eropa pada tahun 1977.

Hingga saat ini Liverpool telah mengkoleksi 6 tropi Liga Champion yang merupakan terbanyak di Inggris serta ketiga terbanyak di dari seluruh klub dibawah Real Madrid dan AC Milan. Dengan meraih tropi Liga Champion ke 5 pada tahun 2005, Liverpool berhak mengenakan UEFA Badge of Honour,[53] serta berhak memiliki tropi secara permanen.Liverpool pernah menerima anugerah dari World Soccer Magazine sebagai Team of the Year pada 2001 dan 2005 serta gelar BBC Sports Personality of the Year Team pada tahun 1977, 1986 dan 2001.

Liverpool adalah klub terbaik Inggris abad ke-20 menurut International Federation of Football History and Statistics (IFFHS). Untuk tingkat dunia, Liverpool berapa di urutan ke-7 sebegai klub terbaik abad ke-21 setelah Barcelona, Manchester United, Arsenal, Real Madrid, Inter Milan, dan Bayern München.

(Ara-Satupedia.com)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.