Profil Fiorentina Sejarah Dan Prestasi

by -103 Views

Jakarta – ACF Fiorentina atau biasa kita kenal dengan Fiorentina, adalah klub sepak bola profesional Italia dari Florence, Tuscany yang bermain di Serie A.

Julukan lain adri Fiorentina adalah Viola (Ungu) dan Gigliati (Lili). Klub tersebut bermarkas di Stadion Artemio Franchi yang memiliki kapasitas 43.147 penonton.

Sejarah
Fiorentina didirikan pada musim gugur 1926 oleh bangsawan lokal dan anggota Partai Fasis Nasional Luigi Ridolfi, Setelah menggabungan dua klub tua Florentine, CS Firenze dan PG Libertas.

Tujuan dari merger tersebut adalah untuk memberi Florence sebuah klub yang kuat untuk menyaingi tim-tim yang lebih dominan di kompetisi Sepakbola Italia dari Italia Barat Laut.

Setelah masa-masa awal yang sulit, Tim ini mencapai Serie A pada tahun 1931. Pada tahun yang sama I Gigliati membuat sekaligus menempati stadion baru yang dinamai Giovanni Berta, (Untuk menghormati seorang fasis terkemuka). Namun nama itu dirubah menjadi Stadio Artemio Franchi setelah runtuhnya Rezim Fasis di Italia.

I Gigliati menikmati kesuksesan selama periode 50 hingga 70an. Setelah beberapa musim konisten finish di tabel atas klasmen serie a, La Viola kemudian memenangkan Scudetto pertama pada tahun 1956 dengan selisih 12 poin atas tim peringkat kedua.Mereka juga nyaris meraih trofi yang bahkan lebih besar ketika mencapai final Piala Eropa musim berikutnya, tetapi kalah dari real madrid dengan skor 2-0 di laga tersebut.

Baca juga: Jonathan Ikone Penyerang Lille Yang Akan Segera Bergabung Dengan Fiorentina

Pada tahun 1961, La Viola memenangkan Coppa Italia kedua dan Piala Winners edisi pertama setelah mengalahkan Glasgow Rangers di final.

Setelah memenangkan gelar Coppa Italia lainnya pada tahun 1966, I Gigliati lalu memenangkan Scudetto kedua pada tahun 1969, mengalahkan AC Milan dan Cagliari yang merupakan dua tim favorit Juara saat itu.

Flavio Pontello mengambil alih klub pada tahun 1980, klub mulai berbenah dan membuat beberapa penandatangan besar seperti Roberto Baggio.Tetapi selama periode ini Viola tidak berhasil mendapatkan satu piala pun. mereka hanya mampu finish di bawah Juventus yang pada saat itu sedang dalam menikmati masa kejayaanya.

Meskipun mendatangkan beberapa pemain bintang seperti Gabriel Batistuta, Namun nasib La Viola di Era 90an masih tidak berubah, dimana mereka hanya memenangkan dua trofi saja yakni Coppa dan Supercoppa Italia pada tahun 1996.

La Viola mengawali era Milenium dengan memenangakan Coppa Italia pada tahun 2001, namun setahun kemudian mereka terdegradasi ke Serie C2 setelah dinyatakan Bangkrut karena mereka tidak dapat membayar gaji pemain dan memiliki utang sekitar US $ 50 juta.

Klub ini kemudian didirikan kembali dengan nama Fiorentina Viola serta harus memulai perjalanan mereka dari Serie C2. Dua tahun berselang, La Viola mendapatkan promosi ke Liga Serie A Italia Setelah mengalahkan Perugia di playoffSeiring berjalannya waktu tim ini kembali menggunakan nama ACF Fiorentina yang terus mereka pakai hingga saat ini.

Pelatih
Pelatih Fiorentina saat ini adalah Vincenzo Italiano yang merupakan manajer sepak bola Italia profesiona dan mantan pemain.

Pemain Fiorentina
Pietro Terracciano,Lucas Martínez Quarta,Cristiano Biraghi,Nikola Milenković,Giacomo Bonaventura,José Callejón,Riccardo Saponara,Dusan Vlahovic,Gaetano Castrovilli,Jonathan Ikoné,Youssef Maleh,Erick Pulgar,Aleksa Terzić,Lucas Torreira,Krzysztof Piątek,Nicolás González,Lorenzo Venuti,Marco Benassi,Antonio Rosati,Álvaro Odriozola,Michele Cerofolini,Alfred Duncan,Riccardo Sottil,Sofyan Amrabat,Matija Nastasić,Bartłomiej Drągowski,Aleksandr Kokorin,Igor

Prestasi
Gelar Domestik
Serie A: (2): 1955–56; 1968–69
Serie B (3): 1930–31; 1938–39; 1993–94
Serie C2 (sebagai Florentia Viola) (1): 2002–03
Coppa Italia: (6): 1939–40; 1960–61; 1965–66; 1974–75; 1995–96; 2000–01
Supercoppa Italiana: (1): 1996

Gelar Eropa
Cup Winners’ Cup: (1): 1960–61

Gelar Minor
Coppa Grasshoppers (1): 1957
Mitropa Cup (1): 1966
Anglo-Italian League Cup (1): 1975

(Ara-Satupedia.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.