Profil Chelsea Sejarah Dan Prestasi

by -130 Views

Jakarta – Chelsea merupakan klub sepak bola yang bermarkas di Fulham, London dan bermarkas di Stamford Bridge. Chelsea merupakan salah satu klub sepak bola di Inggris tersukses, dengan telah memenangkan lebih dari tiga puluh gelar juara kompetisi klub domestik dan internasional.

Chelsea dimiliki oleh sebuah konsorsium yang beranggotakan Todd Boehly, Clearlake Capital, Hansjörg Wyss, dan Mark Walter yang bermarkas di Stamford Bridge,Fulham, London.

Sejarah
Pada tahun 1904 H.A. Mears mengakuisisi stadion atletik Stamford Bridge dengan tujuan mengubah menjadi stadion sepak bola. Ia kemudian merencanakan pendirian sebuah klub sepak bola baru setelah tawaran yang diberikan kepada Fulham untuk menggunakan stadion tersebut ditolak.

Nama Chelsea yang merupakan sebuah kota kecil yang berdekatan dengan stadion dipilih sebagai nama klub baru tersebut. Chelsea didirikan pada tanggal 10 Maret 1905 di sebuah pub The Rising Sun (kini restoran The Butcher’s Hook) dan pertama kali bermain pada kompetisi Football League.

Chelsea mengalami sejumlah promosi-degragasi pada Divisi Satu dan Divisi Dua Liga Inggris setelah berhasil meraih promosi ke Divisi Satu pada musim kedua mereka. Pencapaian terbaik mereka pada tahun-tahun awal adalah berhasil melaju hingga ke babak Final Piala FA 1915 namun dikalahkan Sheffield United di Old Trafford dan saat mengakhiri Divisi Satu pada posisi tiga klasemen akhir tahun 1920.

Chelsea memiliki reputasi mendatangkan pemain-pemain terkenal dan jumlah penonton yang besar, tetapi kesuksesan masih belum menghampiri mereka pada masa-masa Perang Dunia I dan II.

Baca juga : Kiper Chelsea Dituding Pelatih West Ham Cuma Pura-Pura Cedera

Pelatih
Pelatih Chelsea pada saat ini adalah Thomas Tuchel yang merupakan seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola profesional asal Jerman.

Pemain Chelsea:
Kepa Arrizabalaga,Marcos Alonso,Jorginho (wakil-kapten),Thiago Silva,N’Golo Kanté,Mateo Kovačić,Christian Pulisic,Ruben Loftus-Cheek,Marcus Bettinelli,Trevoh Chalobah,Édouard Mendy,Raheem Sterling,Armando Broja,Mason Mount,Callum Hudson-Odoi,Ben Chilwell,Hakim Ziyech,Conor Gallagher,Reece James,Kalidou Koulibaly,César Azpilicueta (kapten),Kai Havertz,Malang Sarr,Carney Chukwuemeka,Marc Cucurella,Emerson Palmieri,Ethan Ampadu,Baba Rahman,Ross Barkley,Billy Gilmour,Michy Batshuayi,Kenedy

Prestasi
Kesuksesan pertama Chelsea diraih saat meraih gelar juara Divisi 1 Liga Inggris pada 1955. Klub ini memenangkan gelar juara Piala Liga Inggris untuk pertama kali pada 1965, gelar juara Piala FA untuk pertama kali pada 1970, dan gelar juara kompetisi klub Eropa, Piala Winners Eropa untuk pertama kali pada 1971. Beberapa gelar dari berbagai kompetisi juga berhasil diraih pada dekade 1990-an, 2000-an, 2010-an, dan 2020-an.

Dalam 25 tahun terakhir merupakan periode terbaik kesuksesan Chelsea dengan meraih lima gelar juara Liga Utama Inggris, termasuk untuk pertama kali meraih gelar ganda Liga Utama Inggris dan Piala FA pada 2010; tujuh gelar juara Piala FA, empat gelar juara Piala Liga Inggris, dua gelar juara Liga Champions UEFA, dua gelar juara Liga Eropa UEFA, dua gelar juara Piala Super UEFA, dan satu gelar juara Piala Dunia Antarklub FIFA.

Klub ini merupakan salah satu dari lima klub yang telah memenangkan ketiga kompetisi klub utama UEFA, klub asal Inggris pertama dengan pencapaian tersebut. Chelsea juga merupakan satu-satunya klub asal London yang berhasil meraih gelar juara Liga Champions UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

(Ara-Satupedia.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.