Profil Borneo FC Sejarah Dan Prestasi

by -127 Views

Jakarta – Borneo FC merupakan salah satu klub kebangggan warga Samarinda. Klub sepak bola tersebut berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia.

Selain Borneo FC klub tersebut juga disebut dengan Borneo Samarinda dengan julukan Pesut Hitam yang juga menjadi lambang dari klub.

Sejarah Klub

Borneo FC berawal mula dari tahun 2014 dimana klub ini bermain di Divisi Utama Liga Indonesia usai mengakuisisi klub Perseba Super Bangkalan pada 19 Maret 2014, menggantikan Persisam Samarinda sebagai klub asal Samarinda yang berkompetisi di kasta teratas di Indonesia. Pada 2015, mereka berlaga di Indonesia Super League berstatus sebagai klub promosi setelah berhasil keluar sebagai juara Divisi Utama Liga Indonesia 2014 setelah mengalahkan Persiwa Wamena di partai final.

Pada 2015 mereka mengikuti Piala Presiden, sekaligus sukses menembus babak 8 besar. Selepas ikut di Piala Presiden, Pusamania Borneo FC juga ikut berpartisipasi di Indonesian Championship Torabika Piala Jenderal Sudirman 2015 dan mereka mampu menembus babak Semifinal. Pusamania Borneo F.C. juga pernah menjuarai turnamen Piala Gubernur Kaltim 2016, dan menjadi Runner up di Piala Presiden 2017. Pada musim 2017, Pusamania Borneo F.C. mengganti nama klubnya menjadi Borneo F.C. untuk mengarungi kompetisi Liga 1.

Baca juga : Persis Solo Pulang Dengan Tangan Kosong Usai Kalah 1-2 Dari Borneo FC

Pusamania Borneo F.C berdiri berkat Nabil Husein Said Amin yang sebelumnya merupakan ketua koordinator wilayah Pusamania di Malaysia (Pusamalaya) menjadi orang penting dibalik terbentuknya Pusamania Borneo FC. Pemuda itu bersama PT Nahusam Pratama Indonesia sebagai badan hukum PBFC, bertekad ingin membawa kembali kejayaan sepak bola Samarinda di kancah nasional. Pada 7 Maret 2014, disepakati sebagai tanggal bulan dan tahun resmi berdirinya Pusamania Borneo FC.

Nama Borneo muncul saat mereka berlaga di Divisi Utama Liga Indonesia 2014 setelah mengakuisisi salah satu klub berlisensi profesional di Pulau Madura, yakni Perseba Super.Borneo dipilih karena, jajaran direksi PBFC ingin klub ini tak hanya bisa mengharumkan nama kota Samarinda, melainkan juga mengangkat nama Pulau Borneo di kancah sepak bola nasional dan internasional.

Suporter

Julukan untuk para pendukung kesebelasan Puamania Borneo FC adalah Pusamania.Mereka mempunyai warna kebanggaan yakni Orange. Pusamania memiliki hubungan tidak harmonis dengan suporter tetangga mereka Balistik,Pusamania memiliki hubungan harmonis dengan Barito Mania, The Jak Mania, Aremania dan suporter lainnya di indonesia. setiap ada pertandingan Pusamania dan Barito Mania selalu hadir dan mendukung penuh bersama Pusamania, walaupun bukan Barito Putera.

Pelatih

Pelatih Borneo FC saat ini adalah Milomir Seslija atau lebih sering dipanggil Milo yang merupakan seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Bosnia. Diusianya yang sudah menginjak 58 tahun ini dirinya mendapat kepercayaan untuk melatih Borneo FC.

Pemain Borneo FC :

Pemain Indonesia: Angga Saputra,Marckho Meraudje, Wildansyah,Hendro Siswanto,Alvin Duaramuri, Leo Guntara, Komang Teguh Trisnanda, Rifal Lastori,Rabbani Tasnim, Pualam Bahari, Sultan Samma, Wawan Febrianto, Safrudin Tahar,Ahmad Surahman, Gianluca Pandeynuwu, Wahyudi Hamisi, Guy Junior,Muhammad Zul Fikri,Nurdiansyah, Muhammad Ilham,Fajar Fathur Rahman,Rifad Marasabessy,Arya Gerryan,Muhammad Faturrahman,Paulo Sitanggang, Boaz Solossa, Stefano Lilipaly,Muhammad Sihran,Indra Mustafa

Pemain Asing : Kei Hirose (Jepang), Francisco Torres (Brasil), Jonathan Bustos(Argentina), Javlon Guseynov
(Uzbekistan-captain)

Prestasi Borneo FC :
Divisi Utama Liga Indonesia
Juara (1): 2014

Turnamen
Juara (1): Piala Gubernur Kaltim 2016

(Ara-Satupedia.com)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.