Profil Bologna Sejarah Dan Prestasi

by -115 Views

Jakarta – Bologna Football Club 1909 atau biasa kita kenal dengan nama Bologna merupakan sebuah tim sepak bola Italia bermarkas di Bologna, Emilia-Romagna.

Tim tersebut juga dijuluki sebagai I Rossoblu (Merah dan Biru) dan I Veltri (The Greyhounds). Seragam mereka berwarna biru-merah. Mereka bermarkas di Stadio Renato Dall’Ara, Bologna, Italia yang memiliki kapasitas 38.279 penonton.

Sejarah
Bologna FC berdiri pada 3 Oktober 1909 oleh eseorang mahasiswa Austria bernama Emilio Arnstein bersama adiknya mendirikan Bologna Football Club di salah satu bar lokal, Ronzani, di kawasan via Spaderia.

Ide ini tercetus dari kegilaan terhadap sepak bola serta pengalaman memprakarsai klub di negara asal mereka, Black Star (sekarang Swiss). Arnstein bersama adiknya lantas bergerak mengumpulkan informasi soal keberadaan pesepak bola di sekitar mereka. Penduduk setempat menjuluki mereka dengan “orang-orang gila yang suka mengejar bola” di kawasan Prati di Caprara’s Piazza d’Armi.

Upaya Arnstein bersaudara menghasilkan skuat pertama Bologna FC yang sebagian besar berisikan mahasiswa, antara lain Koch, Chiara, Mezzano, Pessarelli, Bragaglia, Guido Della Valle, Nanni, Donati, Rauch, Antonio Bernabeu (adik legenda Real Madrid, Santiago Bernabeu), dan Arrigo Gradi (kapten pertama).Setahun berselang, Bologna melakoni pertandingan pertama dan kedua dalam sejarah klub tim-tim sekota, yakni Sempre Avanti dan Virtus. Sepasang laga ini sukses dimenangi dengan skor supertelak masing-masing 10-0 dan 9-1.

Baca juga : Meski Kalah Jose Mourinho Tetap Bangga Kepada Para Pemain AS Roma

Di tahun yang sama, Bologna mulai ikut serta dalam kompetisi sepak bola Italia pra-Serie A (kala itu masih bernama Prima Categoria). Perjalanan menuju predikat raksasa Negeri Pizza pun resmi dimulai meski prestasi pada empat musim pertama belum memuaskan.

Pasca-vakum selama empat tahun akibat meletusnya Perang Dunia I (1915-1919) Bologna berhasil membuktikan diri. Babak-babak akhir mulai ditembus sampai kemudian sukses meraih titel perdana pada edisi 1924-25 (menekuk Genoa di final).

Sejarah mencatat Bologna sebagai klub kedelapan yang mampu menjuarai kompetisi kasta tertinggi Italia pra-Serie A  Italia setelah Genoa, AC Milan, Juventus, Pro Vercelli, Inter Milan, Casale, dan Novese.

Bologna kini tercatat mengoleksi tujuh scudetto (1924–1925, 1928–1929, 1935–1936, 1936–1937, 1938–1939, 1940–1941, 1963–1964).Pencapaian di kompetisi domestik lantas membuka jalan Bologna ke level kontinental era pra-Perang Dunia II (sebelum ada Piala/Liga Champions).

Kejuaraan antarklub Eropa dulu masih bernama Piala Mitropa yang partisipannya berasal dari negara-negara Eropa bagian tengah selaku kiblat sepak bola Benua Biru masa itu.

Di Piala Mitropa, Bologna merupakan wakil Italia pertama yang berhasil membawa pulang trofi, tepatnya edisi 1932, meskipun proses merengkuh gelar cukup tidak ada yang menarik karena terkesan diberi secara cuma-cuma setelah calon lawan di final, Slavia Praha dan Juventus, mendadak undur diri.

Pelatih
Saat ini Thiago Motta menjadi pelatih Bologna, dirinya merupakan mantan pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai gelandang, dan menghabiskan awal kariernya di Barcelona.

Pemain Bologna
Angelo da Costa,Stefano Denswil,Godfred Donsah,Riccardo Orsolini,Nicolás Domínguez,Federico Santander,Nicola Sansone,Andreas Skov Olsen,Mattia Bani,Takehiro Tomiyasu,Ibrahima Mbaye,Andrea Poli (vice-captain),Gary Medel,Andri Baldursson,Roberto Soriano,Kingsley Michael,Danilo Larangeira,Rodrigo Palacio,Musa Juwara,Łukasz Skorupski,Lorenzo De Silvestri,Jerdy Schouten,Mattias Svanberg,Arturo Calabresi,Federico Ravaglia,Mitchell Dijks,Emanuel Vignato,Gianmarco Cangiano,Musa Barrow

Prestasi
Total Bologna menyimpan tiga trofi Piala Mitropa (1932, 1934, 1961). Piala UEFA Intertoto 1 kali pada tahun 1998

(Ara-Satupedia.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.