Profil Bali United Sejarah Dan Prestasi

by -174 Views

Jakarta – Bali United FC merupakan salah satu klub Indonesia yang beasal dari Provinsi Bali.Klub tersebut bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali,yang memiliki kapasaitas 27.000 penonton. Klub tersebut memiliki julukan Serdadu Tridatu.

Sejarah
Bali United berdiri pada tahun 1989 dengan nama Putra Samarinda Football Club. Putra Samarinda berlaga di Galatama dan kemudian menjadi Liga Indonesia sejak kompetisi resmi itu bergulir musim 1994/1995.

Kemudian kesulitan finansial ketika finansial menyebabkan Putra Samarinda dan Persisam, Klub perserikatan yang didanai APBD Samarinda dimerger menjadi Persisam Putra Samarinda di tahun 2002.

Saat itu klub menggunakan lisensi Putra Samarinda untuk berlaga di Liga Indonesia. Pada tahun 2008/2009, Persisam Putra Samarinda menjadi juara liga Divisi Utama Liga Indonesia 2008–09 dan dipromosikan ke Liga Super Indonesia.

Kemudian Putra Samarinda (Pusam) diambil alih pengusaha asal indonesia, Pieter Tanuri yang kemudian mengubah nama klub menjadi Bali United F.C. dengan berdiri di bawah badan usaha PT Bali Bintang Sejahtera. Kemudian markasnya berpindag dari Stadion Palaran, Samarinda ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Perubahan nama tim yang merupakan salah satu peserta Liga 1 itu setelah menjalin kerja sama dengan salah satu produsen ban, Corsa Motor Cycle Tire (PT Multistrada). Komisaris Utama Pusam, Harbiansyah Hanafiah menerangkan, pihaknya bersedia mengubah nama dan bermarkas di Bali sekaligus menyerahkan kepemilikan Pusam, karena di Pulau Dewata itu belum ada tim sepak bola profesional yang berlaga di Liga 1. Menurut Harbiansyah, langkah mengubah nama dan bekerjasama dengan PT Multistrada itu untuk menyelamatkan Pusam dari kebangkrutan karena kurangnya dana baik dari sponsor maupun pendapatan tiket.

Baca juga : Bali United Menang Telak Atas Persik Kediri Dengan Skor Akhir 4-0

Pada tanggal 17 Juni 2019, Bali United menjadi klub pertama yang memiliki saham go public di Asia Tenggara dan kedua di Asia.Harga saham perusahaan langsung melambung 69,14 persen ke level Rp.296 per saham dari nilai saham perdana Rp.175 per lembar ketika pembukaanya. Klub ini melepas 33,33% kepemilikannya dengan total 2 miliar unit saham. Dengan demikian, dana yang diraup oleh klub ini mencapai 350 miliar rupiah.

Suporter
Bali United mempunyai beberapa suporter, diantaranya ada Semeton Dewata (Semesta, SD Bangli, SD Klungkung, Semeton bulldog, Kenwa Negaroa dan sub-sub lainnya) dengan warna kebanggaannya Merah-Putih-Hitam (tridatu), Memilih untuk mendukung dari tribun timur dan beberapa dari tribun barat (sayap dan VIP), ada juga suporter Lady Dewata untuk suporter perempuan.Kemudian pendukung di tribun selatan ada Brigaz Bali. North Side Boys 12 yang mendukung dari tribun utara dan Basudewa Curva Sud mendukung dari tribun selatan.

Pelatih
Kusri pelatih Bali Unitd saat ini dipegang oleh Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues yang juga dikenal sebagai Stefano Cugurra Teco. Stefano merupakan seorang manajer sepak bola dan mantan pemain dari Brazil.Dirinya menjadi pelatih Bali United semenjak 2021.

Pemain Bali United
Pemain Indonesia :Nadeo Argawinata, Haudi Abdillah,Brwa Nouri,Sidik Saimima,Ardi Idrus,Ilija Spasojević (kapten),Yabes
Roni,Gunawan Dwi Cahyo,Fadil Sausu,Ketut Somplak,Hariono,Ahmad Agung,Rizky Pellu,Lerby Eliandry,Rakasurya
Handika,Novri Setiawan,Ricky Fajrin,Komang Tri Arta Wiguna,Leonard Tupamahu,I Made Andhika Wijaya,Irfan Jaya,I Made
Tito Wiratama,I Gede Agus Mahendra,I Komang Aryantara,Jajang Mulyana,Kadek Dimas Satria,Ramdani Lestaluhu,Muhammad
Ridho,Rahmat
Pemain Asing : Éber Bessa(Brasil), Willian Pacheco (Brasil), Brwa Nouri(Iran),Privat Mbarga(Kamerun)

Prestasi :
Liga 1
Juara (2): 2019 , 2021/22[33]
Runners-up (1): 2017
Liga 2
Juara (1): 2008-09
Piala
Piala Presiden
Runners-up (1): 2018
Inter Island Cup
Runners-up (2): 2011, 2012
Bali Island Cup
Juara (1): 2017
Trofeo Persija
Runners-up (1): 2016
Trofeo Bali Celebest
Juara (1): 2016

(Ara-Satupedia.com)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.