Home > Timnas Indonesia > Tiga Pemain Ini Bisa Jadi Opsi Pengganti Egy Maulana Vikri Untuk Kualifikasi Piala Asia 2023

Tiga Pemain Ini Bisa Jadi Opsi Pengganti Egy Maulana Vikri Untuk Kualifikasi Piala Asia 2023

Jakarta – Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Asia setelah meraih kemenangan 5-1 atas Chinese Taipei pada play-off. Di putaran ketiga serta masuk Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Sayangnya sang pelatih Shin Tae-yong kemungkinan tak bisa memakai tenaga Egy Maulana Vikri yang sedang mengalami cedera. Pdahal nantinya mereka akan menghadapi laga-laga berat.

Shin Tae-yong harusnya sudah menyiapkan opsi alternatif untuk menggantikan Egy Maulana Vikri bila terpaksa harus absen. Egy mengalami cedera lutut saat Timnas U-23 menghadapi Thailand di semifinal SEA Games 2021, 19 Mei lalu.

Baca juga : Shin Tae-yong Akan Bawa Sebagian Timnas Indonesia U-23 Ke Tim Senior

Pengamat sepak bola asal Makassar, Herman Kadiaman, mengungkapkan bahwa ada tiga pemain yang berpeluang menjadi pengganti Egy.

Irfan Jaya


Pemain Bali United tersebut sejatinya tampil baik ketika memperkuat tim asuhan Shin Tae-yong itu. Di Piala AFF 2020, pria kelahiran Bantaeng, 1 Mei 1996 tersebut termasuk sosok penting di balik keberhasilan Tim Garuda menembus final.

Pada ajang bergengsi kawasan Asia Tenggara itu, Irfan tak hanya merusak konsentrasi lini belakang tim lawan lewat sisi sayap, tetapi juga mencetak tiga gol buat Timnas Indonesia.

Di BRI Liga 1 2021/2022, Irfan termasuk pemain yang produktif dengan mencetak 6 gol saat memperkuat PSS Sleman pada putaran pertama dan satu gol buat Bali United.

Jumlah gol Irfan di kompetisi kasta tertinggi lebih banyak andai ia tak melewatkan sejumlah laga karena memperkuat Timnas Indonesia. Terakhir, pada laga uji coba Tim Garuda Muda di Korea Selatan, Irfan juga tampil apik.

Namun, aturan kouta maksimal tiga pemain senior di SEA Games 2021 membuat . . . . . . Shin Tae-yong dengan berat hati mencoretnya. “Irfan memiliki kecepatan, skill dan finishing baik. Saya menilai ia jadi opsi terdepan andai Egy absen,” kata Herman.

Stefano Lilipaly


Meski sudah tidak lagi muda, dirinya menjadi sosok penting dibalik kesuksesan Bali United meraih trofi juara BRI Liga 1 2021/2022.

Dari 34 partai yang dimainkan klubnya, dirinya tampil dalam 30 laga dengan koleksi 6 gol. Bagi Stefano, ini gelar keduanya bersama Bali United. Sebelumnya, ia menggapainya di Liga 1 2019.

Herman menilai tidak ada salahnya kalau Shin Tae-yong memberi kesempatan buat pemain naturalisasi tersebut untuk tampil.

“Stefano memiliki pengalaman yang dibutuhkan timnas. Apalagi, ia bisa bermain sama baiknya di posisi sayap dan second striker,” jelas Herman.

Ramai Rumakiek


Ramai Rumakiek tampil bagus ketika dimainkan Shin Tae-yong pada kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2020.Pada dua ajang itu, ia selalu mencetak gol. Namun, nama Ramai dicoret karena tak memenuhi panggilan Tim Garuda Muda menjalani latihan dan uji coba di Korea Selatan dengan alasan cedera.

“Kalau tujuannya jangka panjang, khususnya menghadapi Piala Dunia U-20, Ramai pantas mendapat kesempatan untuk menambah jam terbang di timnas. Ia juga memiliki semua kriteria penyerang sayap,” pungkas Herman.

x

Check Also

Sempat Bikin Ketar-Ketir, Asnawi Mangkualam Akhirnya Sudah Tiba Di Vietnam

Jakarta – Asnawi Mangkualam akhirnya tiba di Vietnam untuk berlaga di SEA Games 2021. Kehadirannya ...