Home > SEA Games > Ini Alasan Mengapa Timnas Indonesia Selalu Menjadi Hot Topik Media Vietnam

Ini Alasan Mengapa Timnas Indonesia Selalu Menjadi Hot Topik Media Vietnam

Jakarta – Timnas Indonesia U-23 saat ini sedang berada di Vietnam untuk menjalani SEA Games 2021. Ternyata selama ini media-media Vietnam seringkali memberitakan mengenai Timnas Indonesia U-23.

Ternyata hal tersebut dikarenakan fans sepak bola di negara tersebut penasaran dengan sepak bola Indonesia ditambah lagi dengan adanya sang pelatih, Shin Tae-yong.

Sebut saja media di Vietnam seperti Bongda, Soha, hingga Zing yang seolah berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama dan terkini dalam melaporkan perkembangan Timnas Indonesia U-23.

Baca juga : Pelatih Timnas Myanmar Berharap Timnas Indonesia Bisa Jumpa Lagi Dengan Vietnam Di Final SEA Games 2021

Zing contohnya menurunkan sejumlah artikel ketika Timnas Indonesia U-23 tiba di Vietnam pada awal Mei 2022. Zing bahkan sampai tahu tim berjulukan Garuda Muda itu mencarter pesawat untuk tiba di negaranya untuk berlaga di SEA Games 2021.

Melalui jurnalis Soha.vn, Phong Nguyen akhirnya bisa diketahui alasan dibalik seringanya pemberitaan mengenai Timnas Indonesia U-23.

“Saya pikir jawabannya cukup mudah. Baik Vietnam maupun Indonesia punya penggemar yang mencintai sepak bola. Di ASEAN, kedua negara adalah tim yang kuat dan punya histori yang bagus satu sama lain,” kata Phong Nguyen.

“Fans Vietnam peduli dengan sepak bola Indonesia, sama seperti mereka perhatian dengan tim lain di Asia Tenggara. Sebab, mereka semua adalah lawan dari Vietnam,” jelasnya.

Selain hal tersebut Phong Nguyen juga mengatakan bahwa tim Garuda Muda adalah satu di antara tim jagoan di ASEAN.

“Bagi saya, Timnas Indonesia U-23 selalu layak ditonton. Mereka adalah tim yang kuat di ASEAN, dengan gaya permainan yang unik, kekuatan fisik yang baik, kecepatan dan dedikasi yang baik,” paparnya.

Phong Nguyen juga menjelaskan dengan adanya . . . . . . Shin Tae-yong sebagai pelatih Garuda Muda juga menjadi faktor yang memicu keingintahuan para penggemar bola disana.

Karena pelatih Vietnam, Park Hang-seo berasal dari negara yang sama dengan Shin Tae-yong dari Korea Selatan.  Park dan Shin diketahui punya rivalitas yang cukup mengakar.

Di level klub, Shin Tae-yong jauh mengungguli Park Hang-seo. Sebaliknya, Park kerap mempermalukan Shin di kancah tim nasional. Selain itu media Vietnam juga punya misi terselubung dalam mengorek informasi soal Timnas Indonesia U-23. Secara terang-terangan, Phong Nguyen mengatakan informasi yang didapat tentang Garuda Muda juga bisa berguna bagi armada Park Hang-seo.

“Ketika Anda bertemu lawan yang begitu kuat, Anda akan selalu tertarik dengan mereka, bagaimana keadaan para pemain, dan apakah pelatih mereka mengatakan sesuatu,” terang Phong Nguyen.

“Indonesia adalah negara yang orang Vietnam merasa akrab. Sebagian karena sepak bola. Sebab, kami sudah bertemu di banyak turnamen,” ungkap Phong Nguyen.

Phong Nguyen kemudian mengaku tidak merasa terganggu dengan banyaknya awak media dari Tanah Air yang menjejali arena dan press room SEA Games 2021. Meski secara sadar atau tidak sadar, kehadiran mereka membuat peliputan menjadi membeludak.

“Bagi saya, baik bekerja di Vietnam atau pun luar negeri, jurnalis Indonesia selalu sangat ramah. Saya merasa senang bertemu dengan rekan-rekan seperti itu,” ujarnya.

“Karena bagaimana pun, olahraga adalah tentang menyatukan orang. Senang sekali bisa mendiskusikan pekerjaan kita secara bersama,” tutupnya.

 

x

Check Also

Bos Madura United Menjadi Saksi Kemenangan Timnas Indonesia U-23 4-0 Atas Filipina Di Vietnam

Madura – Bos Madura United, Achsanul Qosasi menyaksikan dan memberikan dukungan secara langsung kepada Timnas ...