Home > Berita Bola > Wakil Indonesia Kemungkinan Tidak Bisa Menjadi Voter Ballon d’Or 2022

Wakil Indonesia Kemungkinan Tidak Bisa Menjadi Voter Ballon d’Or 2022

Jakarta – Peraturan baru FIFA membuat wakil dari Indonesia kemungkinan besar akan absen dari gelaran Ballon d’Or 2022. Menurut aturan baru tersebut hanya hanya negara yang berada di peringkat 100 besar yang punya hak untuk memilih.

Ballon d’Or telah menjadi penghargaan sepak bola paling bergengsi dunia dan pemenanganya selalu dinantikan setiap tahun. Walau ada beberapa pihak yang juga melayangkan kritik atas ajang ini.

Pada edisi 2021 lalu, Lionel Messi meraih gelar Ballon d’Or ketujuh sepanjang karier sepakbolanya. La Pulga sekaligus menjadi pemain dengan Ballon d’Or paling banyak. Melewati torehan dari Cristiano Ronaldo.

Baca juga : PSSI Hadiri Kongres FIFA ke-72, Bahas Hal Penting Ini Yang Memberi Dampak Untuk Sepak Bola

Namun pada edisi 2022 nanti akan ada beberapa aturan baru yang ditetapkan France Football sebagai penyelenggara Ballon d’Or. Aturan itu membuat Indonesia mungkin akan absen.

Salah satunya adalah penghargaan digelar merujuk pada musim, bukan tahun seperti pada edisi sebelumnya. Jadi, penilaiannya adalah performa musim 2021/2022.

Selain itu, pihak Ballon d’Or juga akan melibatkan lebih banyak ahli dalam menentukan daftar 30 nominasi Ballon d’Or. Sebelumnya, daftar nominasi ditentukan oleh redaksi France Football dan L’Equipe.

Mulai edisi tahun ini, ada beberapa ahli yang akan dilibatkan. Salah satunya adalah legenda Pantai Gading, Didier Drogba. Lalu, ada jurnalis asal Vietnam yakni . . . . . . Truong Anh Ngoc dan jurnalis dari Rep. Ceska untuk Ballon d’Or Feminim yakni Karolina Hlavackova.

Satu lagi perubahan signifikan musim ini adalah tentang penilaian pemain. Nilai tertinggi dari seorang pemain ada pada prestasi individu, bukan kolektif. Selain itu, aspek-apek fair play ketika berada di lapangan juga menjadi penilaian.

Aturan baru Ballon d’Or bisa menjadi kabar buruk bagi wakil Indonesia. Pada tahun-tahun sebelumnya, paling tidak ada dua wakil Indonesia yang bisa ambil bagian sebagai voter Ballon d’Or yakni pelatih dan kapten Timnas Indonesia.

Tapi, pada edisi 2022 ini, wakil Indonesia mungkin tidak akan ambil bagian. Sebab, hanya negara yang masuk dalam 10 besar Ranking FIFA yang mendapat hak sebagai voter. Pada edisi sebelumnya, negara yang menjadi voter adalah 170 besar ranking FIFA.

Pada Maret 2022 Indonesia hanya berada di posisi ke-159 dunia. Jika merujuk pada aturan baru, maka tidak akan ada wakil Indonesia dalam perhelatan Ballon d’Or 2022. Dari ASEAN, hanya Vietnam yang masuk 100 besar ranking FIFA edisi Maret 2022.

 

x

Check Also

Elkan Baggott Main Sebagai Starter Dan Main Penuh Di League One 2021/22

Jakarta – Elkan Baggott mendapat kesempatan bermain sebagai starter di laga lawan Rotherham United di ...