Home > Piala AFF > Timnas Futsal Indonesia Harus Menyerah Dari Thailand, Gagal Jadi Juara Piala AFF Futsal 2022

Timnas Futsal Indonesia Harus Menyerah Dari Thailand, Gagal Jadi Juara Piala AFF Futsal 2022

Jakarta – Dalam partai final Piala AFF Futsal 2022Timnas Futsal Indonesia harus menyerah dari Thailand lewat adu penalti 2-2 (3-5) yang digelar di Hua Mak Indoor Stadium, Bangkok, Minggu (10/4/2022) petang WIB.

Dua gol Timnas Indonesia masing-masing diciptakan oleh Evan Soumilena di babak pertama dan Ardiansyah Runtuboy di babak kedua. Thailand menyamakan skor lewat aksi Krit Aransanyalak dan Muhammad Osamanmusa.

Ardiansyah Runtuboy membuat Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand usai gagal dalam eksekusi penalti. Kegagalan tersebut membuat Timnas Futsal Indonesia gagal mengulangi prestasi juara pada 2010 silam.

Pada babak pertama Thailand yang bermain di kandang sendiri mencoba langsung tancap gas. Sayang, peluang emas yang didapat tuan rumah di awal babak pertama masih digagalkan tiang gawang.

Baca juga : Media Malaysia Girang Lagi Usai Myanmar Mundur Dari Piala AFF U-23

Indonesia dipaksa bertahan cukup dalam di awal laga. Beruntung, gawang Skuad Garuda yang dijaga Muhammad Albagir masih aman dari kebobolan.

Indonesia pun perlahan mulai berani menyerang. Sayang, aksi Syauqi Saud usai menerima umpan Ardiansyah Runtuboy masih bisa dimentahkan kiper Thailand.

Evan Soumilena akhirnya sukses membawa Indonesia memimpin 1-0 berkat gol yang ia cetak pada menit ke-8. Firman Adriansyah mampu mencuri bola dari lawan sebelum melepas umpan tarik yang dituntaskan Evan menjadi gol.Indonesia menutup babak pertama dengan unggulan 1-0 atas tim tuan rumah.

Pada babak kedua, Thailand yang tengah mengejar ketinggalan pun tetap konsisten mengancam gawang Indonesia. Beruntung bagi Indonesia, Albagir tampil luar biasa di bawah mistar.

Thailand justru tertinggal setelah Ardiansyah Runtuboy sukses mencetak gol, setelah memanfatkan umpan Syauqi Saud. Thailand beberapa kali memperoleh peluang emas untuk mengejar ketinggalan. Namun, penampilan Albagir di bawah mistar benar-benar menjadi momok bagi . . . . . . tuan rumah.

Thailand pun melakukan power play di waktu tersisa dengan menurun lima pemain outfield. Hasilnya, Krit Aransanyalak mencetak gol pada menit ke-19 babak kedua dan membuat skor menjadi 2-1.

Dengan waktu tersisa kurang dari satu menit, Thailand berhasil kembali mencetak gol lewat tembakan Osamanmusa sekaligus memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Extra Time
Thailand masih lebih mendominasi permainan di babak extra time. Albagir harus kembali berjibaku untuk menggagalkan sederet peluang yang didapat tuan rumah.

Jumlah pemain Indonesia harus berkurang usai Evan mendapat kartu merah usai dianggap menyikut wajah lawan. Evan pun sempat melakukan protes keras terhadap keputusan tersebut.Tak ada gol yang tercipta dari kedua tim dalam 2×5 menit babak extra time. Pemenang partai final pun harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Kiper Thailand Katawut Hankampa menjadi pahlawan dengan menggagalkan eksekkusi Ardiansyah Runtuboy di babak penalti. Akhirnya Thailand pun keluar sebagai juara dalam laga final tersebut.

Susunan Pemain Indonesia
Starting XI: Muhammad Albagir; Muhammad Rizki Xavier, Ardiansyah Nur, Evan Soumilena, Firman Adriansyah.

Cadangan: Muhammad Iksan Rahadian; Guntur Sulistyo Ariwibowo, Mochammad Iqbal Rahmatullah, Dewa Rizki Amanda, Sunny Rizky Suhendra, Syauqi Saud, Rio Pangestu Putra, Ardiansyah Runtuboy, Marvin Alexa Wossiry.

Susunan Pemain Thailand
Starting XI: Katawut Hankampa; Kritsada Wongkaeo, Sarawut Phalaphruek, Panut Kittipanuwong, Muhammad Osamanmusa.

Cadangan: Panurat Olan; Tanapol Maneepetch, Apiwat Chaemcharoen, Krit Aransanyalak, Ronnachai Jungwongsuk, Peerapat Kaewwilai, Therdsak Charoenphong, Atsadawut Jangkot, Supakorn Bovonratcadakul.

 

x

Check Also

Timnas Indonesia Sumbang Tiga Pemain di Starting XI Terbaik Piala AFF 2020

Jakarta – Timnas Indonesia menyumbang tiga pemainnya dalam daftar Starting XI Terbaik Piala AFF 2020 ...