Home > Berita Bola > Kemenpora Putuskan Untuk Mengirim Timnas Futsal Putra Indonesia Ke SEA Games 2022

Kemenpora Putuskan Untuk Mengirim Timnas Futsal Putra Indonesia Ke SEA Games 2022

Jakarta – Timnas Futsal Indonesia hampir saja menjuarai Piala AFF Futsal 2022, namun mereka harus menyerah kalah 3-5 dari tuan rumah Thailand untuk menjadi runner-up turnamen.

Terbaru ini Timnas Futsal Indonesia diputuskan untuk diberangkatkan ke SEA Games 2022 usai sebelumnya cabang olahraga (cabor) futsal putra dikabarkan tidak diberangkatkan ke SEA Games 2022. Sebab, Federasi Futsal Indonesia (FFI) diklaim lebih memilih tim putri.

Namun Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memutuskan untuk mengirim Timnas Futsal Putra Indonesia tersebut karena catatan pretasi mereka.

Baca juga : Timnas Futsal Indonesia Harus Menyerah Dari Thailand, Gagal Jadi Juara Piala AFF Futsal 2022

“Yang menjadi perbincangan adalah futsal. Baik tim putra dan tim putri,” ujar Ketua Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora, Moch. Asmawi.

“Setelah review sekian lama dan kami punya data yang lengkap, ternyata tim putra yang punya tes parameter termasuk fisik yang lebih baik ketimbang tim putri,” tutur Asmawi.

Keputusan tersebut menurut Asmawi diambil usai melihat bahwa Timnas Futsal Indonesia punya riwayat prestasi dalam beberapa tahun terakhir. Mereka sekali menjadi juara Piala AFF Futsal pada 2010 dan tiga kali menjadi runner-up.

“Yang menjadi penguatan kami, Timnas Futsal Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF 2022. Ini yang menjadi lebih penguatan kami,” kata Asmawi.

“Dari semuanya ini, maka kami simpulkan tim putra lebih layak diberangkatkan dan . . . . . . kami memberikan rekomendasi untuk tim putra,” tambahnya.

Keberadaan pelatih Timnas Futsal Putra asal Iran, Mohammad Hashemzadeh juga menjadi pertimbangan Asmawi dalam merekomendasikan futsal putra.

“Di samping itu, ada pertandingan-pertandingan dalam negeri. Mereka punya pelatih asing,” tutur Asmawi.

“Sebelumnya dilatih pelatih asal Jepang, sekarang dilatih pelatih asal Iran. Ini penguatan karena Iran adalah tim yang mengikuti kejuaraan dunia,” imbuhnya.

Keputusan memberangkatkan Timnas Futsal Indonesia ke SEA Games 2022 menjadi buah dari hasil rapat Kemenpora, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC) pada Rabu (13/4/2022).

Cdm Kontingen Indonesia, Ferry Kono menuturkan bahwa berdasarkan rekomendasi dari Tim Review PPON Kemenpora, futsal putra termasuk cabor yang diberangkatkan ke SEA Games 2022.

“Dalam kesempatan kali ini, kami sudah mendengarkan sekali lagi rekomendasi dari tim review, cabor yang sudah ditetapkan DBON dan non-DBON, akan ditambah cabor baru yaitu futsal putra,” ucap Ferry Kono.

“Ini hasil dari review. Dari yang sudah disampaikan dan ditambahkan hari ini, penambahan futsal putra mengingat mereka sudah berhasil menjadi finalis Piala AFF Futsal 2022,” tegasnya.

 

 

x

Check Also

Pratama Arhan Masih Belum Dimainkan Di Laga Kekalahan Tokyo Verdy Dari Renofa Yamaguchi

Tokyo – Tokyo Verdy yang kini menjadi klub anyar Pratama Arhan,harus menelan kekalahan pada saat ...