Home > Berita Liga Indonesia > Persebaya Surabaya > Ditinggal Banyak Pemainnya, Seperti Ini Respon Dari Bonek

Ditinggal Banyak Pemainnya, Seperti Ini Respon Dari Bonek

Surabaya – Gelaran BRI Liga 1 2021/22 baru saja usai, namun belum sebulan sejumlah pemain Persebaya Surabaya sudah hengkang. Diantaranya ada Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Arsenio Valpoort, Alie Sesay, Johan Yoga Utama, David Ariyanto, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Reva Adi Utama, Ady Setiawan, dan terakhir Samsul Arif.

Hengkangnya para pemain tersebut mendapatkan reson dari Bonek. Tokoh Bonek, Husin Ghozali, merespons dengan santai melihat klub kebanggaannya sedang kehilangan banyak pemain penting. Baginya, kepergian para pemain itu merupakan hal yang biasa di akhir musim.

“Ini dinamika pergantian musim, ada yang keluar masuk itu biasa. Saya memandangnya seperti itu. Mungkin ada teman-teman Bonek yang kecewa, tapi sebagian dari kami menanggapinya biasa saja. Akhir musim selalu begitu,” kata pria yang akrab disapa Cak Cong tersebut.

Baca  juga : Cari Pengganti Taisei Marukawa, Persebaya Surabaya Kini Dikaitkan Dengan Pemain Asal Jepang Lainnya

Tidak heran jika hal tersebut terjadi pada Persebaya karena kontrak jangka pendek yang mengikat para pemain tersebut. Mereka hanya dikontrak sampai akhir musim dan kini bebas menentukan pilihan untuk mendapat tawaran klub lain.

Terlebih jika tawaran nilai kontrak dari klub lain itu melonjak naik berkali-kali lipat. Itu juga tidak terlepas dari performa para pemain tersebut dengan membawa Persebaya menembus lima besar klasemena akhir BRI Liga 1.

“Di Indonesia ini industri sepak bolanya belum berjalan baik. Kontrak pemain hanya satu musim, akhirnya kontrak habis pemain digoda klub dan lepas. Kondisinya memang seperti ini. Bagi Bonek, Persebaya itu lebih besar dari nama pemain itu sendiri,” imbuh Cak Cong.

Dari sejumlah nama-nama itu, Ricky . . . . . . Kambuaya dan Rachmat Irianto paling jadi perbincangan. Sebab, dua gelandang ini telah resmi diperkenalkan sebagai pemain batu Persib Bandung untuk musim depan.

Menurut rumor yang beredar nama Reva Adi dikabarkan akan merapat ke Madura United, lalu Ady Setiawan didekati RANS Cilegon. Samsul Arif sendiri disebut sempat berkomunikasi dengan Persita Tangerang dan Arema FC.

Di media sosial, banyak muncul suara dari Bonek yang kecewa karena manajemen klub gagal mengamankan jasa sejumlah pemain penting. Namun, Cak Cong percaya pelatih Aji Santoso akan bekerja dengan baik membentuk tim untuk musim baru.

“Pemain keluar dan masuk itu biasa saja, saya anggap wajar. Yang jelas, kami menghormati manajemen klub. Kami masih percaya Coach Aji dan jajaran pelatih pasti bisa membentuk kerangka tim untuk musim depan,” tuturnya.

Sejak menangani Persebaya mulai 2019, Aji Santoso memprioritaskan bisa mengorbitkan pemain binaan kompetisi internal. Sebab, pemain asli Surabaya dan sekitarnya akan memiliki motivasi lebih dalam membela Bajul Ijo.Karenanya dirinya tidak ambil pusing dengan kepergian sejumlah pemain tersebut, dirinya akan melakukan regenerasi dengan mempromosikan sejumlah pemain tim junior ke tim senior Persebaya.

Kompetisi internal Persebaya sendiri diikuti oleh 20 klub yang terbagi dalam dua kasta. Dengan sistem kompetisi penuh, para pemain muda sudah terbiasa ditempa untuk merasakan atmosfer kompetisi yang ketat.

x

Check Also

Persebaya Surabaya Sudah Selesai Rekrut Pemain , Kini Tinggal Tunggu Pengumuman Saja

Surabaya – Persebaya Surabaya seperti diketahui banyak melepas pemainnya usai Liga 1 musim kemarin usai. ...