Home > Berita Bola > Ryu Nugraha, Sudah Main di Jepang Tapi Jarang Dikenal

Ryu Nugraha, Sudah Main di Jepang Tapi Jarang Dikenal

Tokyo – Ryu Nugraha lebih dulu bermain di Jepang ketimbang Pratama Arhan. Tapi namanya kurang dikenal karena lebih banyak berkutat bermain kompetisi divisi bawah.

Ryu Nugraha lahir di Jepang namun punya darah keturunan Indonesia dari ayahnya yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Ryu memulai kariernya pada tahun 2019 dengan bergabung ke Nagano Parceiro, klub peserta J3 League 3 alias divisi ketiga.

Menurut catatan Transfermarkt, Ryu Nugraha tak sempat mengemas penampilan bersama Nagano Parceiro pada tahun pertamanya. Ia pun sempat menjalani peminjaman ke Fukui United, peserta kompetisi level 5, sampai akhir Januari 2022 kemarin.

Bersama Fukui United, Ryu Nugraha akhirnya mencatat sekali main di Piala Kaisar (Emperor Cup). Selain itu, ia juga beberapa bermain di kompetisi regional yakni Ho Shin’etsu Football League.

Kini Ryu sudah kembali dari peminjaman dan memperkuat Nagano Parceiro lagi. Pengalamannya di Fukui United diharapkan menjadi penyemangatnya untuk bisa lebih bersaing di Nagano Parceiro.

“Saya kembali ke Nagano! Kami akan melakukan yang terbaik musim ini, jadi saya mohon berikan kami dukungan terbaik,” kata Ryu Nugraha, dalam rilis J.League.

Ryu lahir pada tahun 2000 yang merupakan tahun Naga. Ryu dalam Bahasa Jepang memiliki banyak arti, tergantung karakter kanji yang digunakan, salah satunya memiliki arti sebagai Naga.

Potensi menjadi olahragawan sudah terbentuk sejak sekolah dengan pelajaran olahraga menjadi yang paling ia sukai. Selain sepakbola, Ryu juga punya hobi bermain Boling, Biliar, Darts, . . . . . . memancing, hingga Boling.

Kini ia telah menjadi pemain profesional dan berpotensi untuk terus berkembang. Sang kiper pun bertekad untuk menjaga profesionalismenya sebagai seorang pemain.

Dalam menjalani pertandingan, setiap pemain punya caranya masing-masing untuk mengurangi rasa strees. Mendengarkan musik adalah salah satu pilihan Ryu.

Band Jepang terkenal ONE OK ROCKS adalah favoritnya dan biasa menemaninya sesaat sebelum laga. Band yang mengisi soundtrack Live Action Rurouni Kenshin itu memang punya nuansa penyemangat.

Selain sepakbola, Ryu sebenarnya memendam cita-cita menjadi arsitek. Profesi itu dirasa sesuai hasrat dan bisa digeluti andai tak menjadi pemain sepakbola.

Baca Juga : Pemain Indonesia Pernah Perkuat 5 Klub Jepang Ini

Saat di rumah, Ryu adalah sosok sederhana. Ia diketahui menyukai masakan ibunya di rumah, terutama wakung sawo, udang, belut, dan salmon sebagai bahan Sushi favoritnya.

Musim ini kembali ke Parceiro, Ryu bertekad untuk bisa turun berlaga dalam pertandingan bagi klub dan juga ingin mengunjungi banyak tempat wisata di Nagano saat tak bermain. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

PSSI Peringatkan Media Online Yang Beritakan Batal Terdegradasinya Persipura Jayapura Ke Liga 2

Jakarta – Induk sepak bola di Tanah Air, PSSI menegaskan bahwa kabar yang beredar terkait ...