Home > Timnas Indonesia > Langkah PSSI Menaturalisasi Pemain Untuk Timnas Indonesia Mendapatkan Kepercayaan Dari Presiden Jokowi

Langkah PSSI Menaturalisasi Pemain Untuk Timnas Indonesia Mendapatkan Kepercayaan Dari Presiden Jokowi

Jakarta – PSSI saat ini sedang melakukan proses naturalisasi beberapa pemain keturunan yang sedang berkarier di Eropa untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Langkah PSSI tersebut menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo.

“Terkait naturualisasi pemain untuk Timnas Indonesia, presiden memberikan kepercayaan kepada PSSI,” kata Menpora, Zainudin Amali.

“Sepanjang untuk mempercepat, sebab ini untuk jangka pendek. Jangka panjangnya tetap kebutuhannya adalah pembinaan untuk Timnas Indonesia,” jelasnya.

Baca juga : Proses Naturalisasi Jordi Amat Berjalan Dengan Lancar, Berkasnya Kini Sudah Diproses Di Kemenkuham

Saat ini PSSI sudah mendapatkan tiga dari empat pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Ketiganya adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

PSSI juga sedang memburu kiper Sampdoria, Emil Audero untuk menjadi calon pemain naturalisasi keempat atau terakhir bagi Timnas Indonesia. Sebagai alternatif PSSI akan mengincar gelandang FC Luzern di Liga Swiss, Jordy Wehrmann jika gagal mendapatkan Emil.

Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah makin dekat. Sebab, dokumen keduanya telah lengkap. Namun, Amali masih menunggu verifikasi berkas dari Shayne Pattynama.

“Sudah ada dua pemain. Mau tiga pemain tapi . . . . . . sedang diproses administrasi. Setelah beres, kami dorong,” papar politikus Partai Golkar itu.

“Kami harus hati-hati betul jangan sampai sudah dinaturalisasi tapi pemainnya tidak bisa bermain. Begitu lho.”

“Jadi sudah kami sebut. Begitu masuk di pemerintah saya instruksikan jajaran di Kemenpora agar membantu sesegera mungkin,” jelas Amali.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berencana untuk menjadikan Emil Audero sebagai calon pemain naturalisasi keempat Timnas Indonesia setelah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

“Benar, saya ingin menaturalisasi kiper. Memang posisinya beda dari yang lain tapi saya menginginkan pemain seperti itu,” kata Shin Tae-yong.

“Dengan kemampuan sebagus itu dan jika dia datang ke Indonesia, mungkin dia bisa menyampaikan sesuatu yang baik untuk kiper-kiper Indonesia.”

“Namun, saya tidak bisa pastikan Audero bisa dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia atau tidak,” imbuh pelatoh Timnas Indonesia tersebut.

x

Check Also

Shin Tae-yong Akan Lakukan Perubahan Dalam Laga Kontra Timor Leste

Jakarta – Pada laga kedua Grup A SEA Games 2022, kemenangan akan menjadi target utama ...