Home > Liga 3 > Laga Farmel FC vs Persikota Tangerang Ricuh Dan Keputusan Wasit Bikin Pengamat Bola Heran

Laga Farmel FC vs Persikota Tangerang Ricuh Dan Keputusan Wasit Bikin Pengamat Bola Heran

Jakarta – Peristiwa heboh terjadi dalam laga 16 besar Liga 3 2021/22, dalam laga antara Farmel FC vs Persikota Tangerang tersebut terjadi kericuhan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (6/3).

Laga tersebut berakhir dengan kemenangan kontroversial Farmel FC 3-1 atas Persikota Tangerang. Banyak pihak yang menyayangkan peristiwa tersebut.Terlebih dalam laga tersebut wasit dinilai banyak merugikan Persikota.Farmel FC dinilai banyak pihak lebih banyak diuntungkan dengan beragam keputusan pengadil lapangan, sejak babak sebelumnya.

Contohnya salah satu keputusan yang mencolok adalah penalti. Wasit Untung Santoso menghadiahi Farmel FC penalti, padahal pemainnya yang menabrak bek Persikota di kotak terlarang.

Baca juga : Alasan Prilly Latuconsina Pilih Persikota Tangerang Daripada Klub Liga 1

Keputusan Untung Santoso tersebut membuat banyak pihak kecewa karena adanya faktor non-teknis mempengaruhi keputusan wasit, langsung muncul sebagai dugaan umum.

Persitiwa tersebut tidak lepas dari pengamat sepak bola, di antaranya yaitu Tommy Welly atau yang akrab disapa Bung Towel.

“Kalau wasit sepertinya ini dan sangat kasar ini apakah permasalahan soal teknis atau non teknis menjadi pertanyaan besar,” ujar Bung Towel.

“Kalau soal teknis ini sangat naif. Ini ada faktor non teknis menyangkut satu klub Farmel FC ini, apakah ini . . . . . . satu kebetulan atau sesuatu yg dalam non teknis tadi wasit sebagai alat aktor, kalau ini bukan sesuatu kebetulan tapi harus dicurigai ada faktor non teknis,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bung Towel juga menyindir adanya kepentingan promosi-degradasi.

“Kita tahu dalam sepak bola ada match fixing. Juga ada kepentingan promosi dan degradasi. Bicara kepentingan promosi dan degradasi berarti ada pengawalan kepada tim tertentu,” ucapnya.

“Pengawalan ini bisa dibilang wasit sebagai aktor. Indikasi ini harus dilihat ke arah sana,” tambahnya.

Bung Towel juga mengingatkan PSSI agar mengambil tindakan tegas untuk pertandingan ini. Jika tidak, kedepan semua tim yang menghadapi Farmel FC akan selalu menaruh curiga.

“Untuk tim-tim yang akan menghadapi Farmel saya yakin mereka akan menaruh awareness lebih besar. Tetapi secara garis besar kita tidak hanya bicara Farmel,” tuturnya.

“Liga 3 nasional sudah dipegang oleh PSSI. Seharusnya dengan kejadian ini PSSI harusnya malu,” imbuhnya.