Home > Timnas Indonesia > Beberapa Fakta Menarik Cyrus Margono Pemain Klub Yunani Yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Beberapa Fakta Menarik Cyrus Margono Pemain Klub Yunani Yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Jakarta – Belakangan ini sejumlah nama pemain keturunan yang dikaitkan dengan PSSI yang saat ini sedang gencar melakukan proses naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia.Diantaranya ada nama Cyrus Margono.

Pelatih Shin Tae-yong menginginkan empat pemain keturunan bisa dinaturalisasi untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia. Sejauh ini sudah ada dua nama yang sedang diproses yakni Jordy Amat dan Sandy Walsh.

Shin Tae-yong menerapkan aturan ketat untuk proses naturalisasi kali ini yakni kandidat wajib memiliki darah keturunan Indonesia. Sedangkan saat ini masih ada dua pemain yang masih dirayu untuk bisa bergabung dengan Timnas Indonesia yakni Emil Audero dan Shayne Pattynama.

Kini ada satu nama lagi yang dinilai layak dipertimbangkan , yakni Cyrus Magrono. Kiper yang punya darah Indonesia dan Iran itu diketahui sangat tertarik untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Baca juga : Cyrus Ashkon Margono Pemain Klub Yunani Yang Ingin Jadi WNI Dan Bela Indonesia

Keseriusan Cyrus sudah terlihat ketika memenuhi undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Athena, Yunani. Cyrus bertemu dan bertukar pikiran dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Yunani, Bebeb Abdul Kurnia Nugraha Djundjunan pada 28 Januari 2022.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Cyrus Margono yang ingin bisa membela Timnas Indonesia:

Sang Ayah Merupakan Orang Indonesia
Ayah Cyrus Margono merupakan orang Indonesia yang lahir di Bali dan besar di Surabaya, Jawa Timur.Sedangkan sang ibunda Cyrus berasal dari Iran. Cyrus sendiri merupakan kelahiran New York, Amerika Serikat, pada 9 November 2001.

Karenanya Cyrus saat ini memiliki kesempatan untuk membela tiga tim nasional yakni Iran, Amerika Serikat, dan Indonesia.Tetapi dari ketiga negara tersebut Cyrus mengaku sangat menginginkan untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Besar Dan Belajar di Amerika Serikat
Lahir di Amerika Serikat, Cyrus besar dan belajar disana. Dirinya sempat menimba ilmu di SMA di Sleepy Hollow, New York. Begitu lulus, Cyrus melanjutkan pendidikannya di University of Denver Athletics pada 2019.

Setelah bermain untuk tim sepak bola University of Denver Athletics . . . . . . selama setahun, Cyrus Margono pindah ke University of Kentucky (UK) Athletics. Pada 2015, Cyrus pernah mendapatkan pengalaman berharga saat mengikuti akademi Inter Milan.Pada Agustus 2021, Cyrus bergabung dengan klub Yunani, Panathinaikos B dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Ingin Gabung Timnas Indonesia
Cyrus Margono mengaku sangat tertarik untuk bisa membela Timnas Indonesia pada masa depan. Menurut Cyrus, Indonesia sudah menjadi rumah kedua baginya.

“Saya memilih Timnas Indonesia untuk saat ini karena ayah merupakan orang Indonesia. Saya juga hidup dan tumbuh besar di Indonesia,” kata Cyrus Margono.

“Saya suka masyarakatnya, budaya, dan makanannya. Bagi saya, Indonesia adalah rumah kedua. Saya suka ke sana ketika musim panas dan kakak saya dibesarkan di Indonesia,” ucap pemain berusia 20 tahun.

Tinggal Memilih Warga Negara
Bila ingin menjadi WNI, Cyrus tidak perlu mengikuti program naturalisasi. Kiper berusia 20 tahun itu bisa mengikuti jejak Elkan Baggott karena memiliki darah langsung Indonesia. Dirinya cukup memilih untuk menjadi WNI seperti yang dilakukan Elkan Baggott pada 2021.  Setelah itu, nantinya Cyrus Margono akan mendapatkan KTP dan paspor Amerika Serikat miliknya langsung dicabut.Karena Indonesia tidak mengenal sistem dobel kewarganegaraan sehingga harus memilih satu di antaranya.

Ingin Segera Dihubungi Shin Tae-yong 
Saat ini Cyrus mengaku sudah tak sabar untuk mendapatkan panggilan membela Timnas Indonesia.Dirinya berharap panggilan itu segera datang dari pelatih Shin Tae-yong dan PSSI.

“Sejauh ini belum ada orang PSSI yang menghubungi. Akan tetapi, sepertinya dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Yunani sempat datang ke kantor pusat PSS bertemu Iwan Bule (Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI),”ujar Cyrus.

“Jadi saya pikir mereka membicarakan tentangku. Saya juga sudah baca di internet. Jadi, kita lihat saja nanti,” ucapnya.

x

Check Also

Shin Tae-yong Akan Lakukan Perubahan Dalam Laga Kontra Timor Leste

Jakarta – Pada laga kedua Grup A SEA Games 2022, kemenangan akan menjadi target utama ...