Home > Timnas Indonesia > Alasan Dibalik Keinginan Cyrus Margono Kiper Yunani Yang Berminat Gabung Dengan Timnas Indonesia

Alasan Dibalik Keinginan Cyrus Margono Kiper Yunani Yang Berminat Gabung Dengan Timnas Indonesia

Jakarta – PSSI belakangan ini dikabarkan tengah mencari pemain keturunan di Eropa untuk membela Timnas Indonesia. Salah satu nama yang menjadi sorotan adalah Cyrus Ashkon Margono.

 

Cyrus lahir dari ayah asal Bali, sedangkan ibunya berasal dari Iran.Tidak heran karena latar belakangnya tersebut kiper tim Yunani, Panathinaikos B tersebut menjadi sorotan netizen Indonesia. Sang kiper sendiri juga mengungkapkan keinginannya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Nama Cyrus Margono mulai membuat geger setelah direkrut klub Yunani, Panathinaikos B. Bahkan, pada awal Februari 2022 dirinya mendapatkan undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Yunani di Athena untuk membahas rencana kewarganegaraannya.

Baca juga : Cyrus Ashkon Margono Pemain Klub Yunani Yang Ingin Jadi WNI Dan Bela Indonesia

“Saya memilih Timnas Indonesia untuk saat ini karena ayah merupakan orang Indonesia. Saya juga hidup dan tumbuh besar di Indonesia,” kata Cyrus Margono di YouTube KR TV.

“Saya suka masyarakatnya, budaya, dan makanannya. Bagi saya, Indonesia adalah rumah kedua. Saya suka ke sana ketika musim panas dan kakak saya dibesarkan di Indonesia,” ucapnya.

Cyrus Margono bisa menjadi pertimbangan pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat . . . . . . Timnas Indonesia. Sebagai kiper, Cyrus Margono memiliki segala kelebihan semisal postur tubuh yang mencapai 191 cm.

Untuk menjadi WNI, Cyrus Margono tak perlu mengikuti program naturalisasi. Kiper berusia 19 tahun itu bisa mengikuti jejak Elkan Baggott karena memiliki darah langsung Indonesia.

Cyrus nantinya cukup memilih untuk menjadi WNI seperti yang dilakukan Elkan Baggott pada 2021, kemudian dirinya akan mendapatkan KTP dan paspor Amerika Serikat miliknya langsung dicabut.

Indonesia tidak mengenal sistem dobel kewarganegaraan sehingga harus memilih satu di antaranya. Peluang Cyrus Margono untuk menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia cukup besar, karenanya nanti PSSI akan mempelajari dokumen dan aturannya lebih dulu.

“Saya berterima kasih atas masukan dari Duta Besar Indonesia untuk Yunani. Kami akan pelajari dulu terkait administrasinya dan lain-lain. Tetapi, ini masukan yang bagus bagi PSSI,” ujar Iriawan.

 

x

Check Also

Shin Tae-yong Akan Lakukan Perubahan Dalam Laga Kontra Timor Leste

Jakarta – Pada laga kedua Grup A SEA Games 2022, kemenangan akan menjadi target utama ...