Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia Harus Waspada, Timor Leste Baru Kalahkan Filipina

Timnas Indonesia Harus Waspada, Timor Leste Baru Kalahkan Filipina

Denpasar – Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertanding melawan Timor Leste pada laga uji coba di agenda FIFA Matchday, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 27 dan 30 Januari 2022.

Sebenarnya, yang akan menjadi lawan tanding bagi Timnas Indonesia adalah Bangladesh, namun karena sebagian besar pemain Bangladesh belum mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis kedua maka rencana tanding dengan Bangladesh dibatalkan.

Menurut keterangan Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, hanya 10 pemain Bangladesh yang sudah menerima vaksin kedua.

“Itu sebabnya FIFA matchday melawan Bangladesh batal. Sulit untuk merealisasikannya dengan alasan beberapa pemain mereka yang belum vaksin,” kata Yunus Nusi.

Karena itu, PSSI kemudian langsung mencari lawan tanding yang baru bagi Timnas Indonesia. Saat itu, ada dua calon lawan yang dipertimbangkan, yakni Brunei Darussalam dan Timor Leste, dan nama kedua yang kemudian dipilih.

Baca juga : Ramai Rumakiek : Kami Siap Hadapi Timor Leste

Bagi kedua tim, laga uji coba ini juga sebagai persiapan untuk mengikuti ajang Piala AFF U-23 2022 pada Februari mendatang di Kamboja.

Selain itu, laga di . . . . . . agenda FIFA Matchday ini juga bisa dipakai untuk memperbaiki posisi masing-masing di ranking FIFA.

Saat ini Timnas Indonesia menempati urutan ke-164 dunia, sedangkan Timor Leste berada di posisi ke-196 dunia ranking FIFA.

Meski secara ranking dan kualitas tim, Timor Leste masih di bawah Indonesia, namun tim Garuda harus tetap waspada karena Timor Leste sempat mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 dalam laga uji coba pada 31 Oktober 2021 lalu.

Selain itu, sama seperti Timnas Indonesia, skuad Timnas Timor Leste juga berisi para pemain muda dengan usia rata-rata 20 tahunan.

Bahkan, pemain tertua Timor Leste baru berusia 26 tahun dan yang termuda berusia 19 tahun.

x

Check Also

Pelatih Timor Leste Remehkan Timnas Indonesia U-23 Di SEA Games 2021

Jakarta – Timnas Indonesia U-23 akan berjumpa dengan Vietnam  U-23 dalam laga perdananya di SEA ...