Home > Timnas Indonesia > Shin Tae-yong Ternyata Punya Rencana Gila Untuk Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Ternyata Punya Rencana Gila Untuk Timnas Indonesia

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, ternyata memiliki rencana gila, tapi mulia, bagi masa depan persepakbolaan di Indonesia.

Hal ini terungkap dari pernyataan Shin Tae Yong di kanal YouTube Myeongjangdeul.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak Desember 2019 lalu.

Proyek utama Shin Tae-yong sebenarnya untuk membentuk skuad Timnas Indonesia U-20 yang kuat, yang akan bertanding di Piala Dunia U-20 2021 dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Namun sayangnya, karena pandemi COVID-19, ajang Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan dan akan langsung digelar Piala Dunia U-20 2023, dengan Indonesia tetap menjadi tuan rumahnya.

Baca juga : Ricky Kambuaya Ungkap Sosok Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Masa kontrak Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia akan berakhir pada Desember 2023 mendatang, dengan opsi perpanjangan.

Sadar dirinya tidak akan selamanya menangani Timnas Indonesia, mantan pelatih Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 ini memiliki rencana untuk meletakkan dasar yang kuat bagi perkembangan Timnas Indonesia ke depannya bila dirinya tidak lagi melatih.

Yang mulai dilakukan Shin Tae-yong saat ini adalah memberi kesempatan kepada banyak pemain muda untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Hal ini terlihat dari komposisi skuad Timnas Indonesia yang bermain di ajang Piala AFF 2020 lalu. Banyak pemain muda . . . . . . Indonesia yang bermain di sana. Sebut saja Witan Sulaeman (20 tahun), Egy Maulana Vikri (21), Asnawi Mangkualam (22), Pratama Arhan (20), hingga Ramai Rumakiek (20).

“Indonesia merupakan tim dengan rata-rata pemain tertua di Asia Tenggara. Namun, di tangan saya, rata-ratanya menjadi 21,5 tahun. Saya lebih banyak merekrut pemain muda,” jelas Shin Tae Yong kepada kana YouTube Myeongjangdeul.

Selain itu, Shin Tae Yong mengaku dirinya tidak melihat prestasi sebagai sasaran utama untuk saat ini, namun ia ingin mengubah sistemnya agar Timnas Indonesia menjadi tim yang kuat di masa depan.

“Sejujurnya, saya datang ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Saya tidak terlalu menitik beratkan pada prestasi, saya berpikir bahwa akar tim ini harus kuat,” ungkap Shin Tae Yong.

“Karena saya tidak akan terus berada di Indonesia, saya harus menempa pemain muda dan mengubah sistemnya,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Haruna Soemitro Pertanyakan Kemampuan Empat Pemain Yang Akan Dinaturalisasi

Jakarta – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Haruna Soemitro, mempertanyakan keuntungan dari proses naturalisasi empat ...