Home > Timnas Indonesia > Shin Tae-yong Sebut Kualitas Kompetisi Lokal Harus Ditingkatkan Untuk Mendukung Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Sebut Kualitas Kompetisi Lokal Harus Ditingkatkan Untuk Mendukung Timnas Indonesia

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta agar kualitas kompetisi sepak bola di Indonesia ditingkatkan untuk meningkatkan level permainan para pemain Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia gagal menjadi juara di ajang Piala AFF 2020 setelah kalah dengan agregat 2-6 dari Thailand di babak final.

Menurut Shin Tae-yong, kualitas permainan Thailand memang masih di atas Timnas Indonesia karena didukung oleh kompetisi Thai League yang memang berkualitas.

“Thailand sangat kuat. Apalagi Thai League-nya menghuni peringkat 1 di kompetisi Asia Tenggara,” kata Shin Tae-yong kepada Yonhap.

“Tidak mudah untuk meningkatkan level tim nasional bila kompetisi domestiknya tidak mendukung untuk itu. Liga dan tempo permainan harus ditingkatkan dengan cepat,” ujar Shin Tae-yong.

Baca juga : Shin Tae-yong Jadi Kandidat Kuat Pelatih Terbaik Piala AFF 2020

Namun demikian, pelatih asal Korea Selatan ini mengaku tidak ingin larut di dalam kekecewaan karena kalah dari Thailand di laga final Piala AFF 2020. Saat ini Timnas Indonesia sedang fokus untuk menatap Piala AFF 2022 pada akhir tahun ini.

“Piala AFF 2020 telah berakhir. Mohon maaf, namun saya tidak menyesal. Pemain kami, para staf, dan pelatih . . . . . . telah menjadi rekan yang baik untuk saya,” kata Shin Tae-yong di akun Instagram-nya.

“Terima kasih banyak untuk semuanya. Ayo, berganti fokus ke Piala AFF 2022. Ayo bertarung Timnas Indonesia,” lanjutnya.

Sementara itu, Shin Tae-yong juga dipastikan masih akan menangani Timnas Indonesia meski gagal juara di Piala AFF 2020 lalu.

Menurut mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini, masa kontraknya bersama Timnas Indonesia baru akan berakhir pada 31 Desember 2023.

“Simpel saja penjelasan dari saya. Jadi, saya punya kontrak dengan PSSI sampai 31 Desember 2023. Mungkin para penggemar bisa juga tidak tahu,” ungkap Shin Tae-yong.

“Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena tidak ada yang bisa memecat saya. Atau jika saya mengundurkan diri pun, pasti ada denda,” tandasnya.

x

Check Also

Lepas Timnas Putri Indonesia ke Piala Asia Wanita 2022, Ketum PSSI Mengaku Terharu

Jakarta – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tidak bisa menahan rasa harunya saat melepas rombongan ...