Home > Timnas Indonesia > Sangat Detail, Shin Tae-yong Juga Memberikan Perhatian Soal Pijat dan Sepatu Pemain

Sangat Detail, Shin Tae-yong Juga Memberikan Perhatian Soal Pijat dan Sepatu Pemain

Jakarta – Selain dikenal sebagai sosok pelatih yang tegas dan disiplin, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga ternyata sangat detail di dalam mengatur segala hal terkait timnya.

Hal ini diungkapkan oleh Media Officer Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Bandung Saputra.

Menurut Bandung Saputra, selain memilikirkan soal latihan dan taktik, Shin Tae-yong juga masih memperhatikan hal-hal kecil yang berkaitan dengan timnya, seperti soal keperluan media officer, pijat, hingga sepatu pemain.

“Coach Shin merupakan sosok pelatih yang disiplin dan detail. Tidak hanya urusan teknik dan strategi saja, namun detail dalam hal segalanya,” kata Bandung Saputra kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

“Dia juga bertanya programnya apa saja untuk membantu kerja saya sebagai media officer. Selain itu,dia juga bertanya kepada masseur apakah sudah me-massage pemain yang diminta,” lanjut Bandung Saputra.

“Coach Shin juga memberikan wejangan atau info arahan agar memilih sepatu jangan asal merek. Yang penting harus nyaman dan menunjang permainan,” sambungnya.

Menurut Bandung Saputra, pelatih Shin Tae-yong juga ternyata tidak terlalu membatasi kegiatan pemain bila sedang santai, terutama untuk para pemain di skuad Timnas senior.

“Kalau hiburan biasanya ada yang bawa PS (PlayStation) dan video call. Main PS tidak apa-apa karena intinya begini, Timnas Indonesia senior itu kami tidak bisa melarang dan juga tidak bisa . . . . . . membebaskan,” ungkap Bandung Saputra.

Lebih jauh Bandung Saputra menjelaskan, para pemain Timnas Indonesia di level senior tidak terlalu dibatasi dalam kegiatan di luar lapangan karena mereka dianggap sudah dewasa dan mengerti bagaimana batasan seorang pemain.

“Jadi, bijaksana aja termasuk sosmed. Pelatih juga memberi info kepada pemain untuk bijaklah bermain sosmed. Jadi, tidak dilarang dan tidak dibebaskan. Apalagi ini Timnas senior jadi mereka sudah tahu apa yang boleh dan dilarang,” jelas Bandung Saputra.

Sementara itu, selama mengikuti Piala AFF 2020 lalu, Shin Tae-yong selalu rutin menjadwalkan latihan bagi skuad Timnas Indonesia.

“Pelatih Shin Tae-yong hampir setiap hari atau tiada hari tanpa latihan. Meskipun selesai bertanding, besoknya ada latihan recovery untuk pemain yang bertanding,” jelas Bandung Saputra.

“Bagi pemain yang tidak bertanding maka latihan normal seperti biasa. Menjelang final juga setiap hari ada latihan, meskipun intensitas tidak tinggi. Porsinya lebih ringan,” tutupnya.

x

Check Also

Pelatih Timor Leste Remehkan Timnas Indonesia U-23 Di SEA Games 2021

Jakarta – Timnas Indonesia U-23 akan berjumpa dengan Vietnam  U-23 dalam laga perdananya di SEA ...