Home > Timnas Indonesia > Pemain Naturalisasi Tidak Harus Bermain di Liga Indonesia Setelah Menjadi WNI

Pemain Naturalisasi Tidak Harus Bermain di Liga Indonesia Setelah Menjadi WNI

Jakarta – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, menjelaskan bahwa pemain yang menjalani proses naturalisasi tidak harus bermain di Indonesia sebagai syaratnya.

Hal ini diungkapkan Hasani Abdulgani untuk mejawab keraguan dari Mees Hilgers terkait keharusan bermain di Indonesia bila sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Dia banyak mendengar pemain yang bermain di luar negeri itu kesannya harus bermain di Indonesia. Saya bilang tidak,” jelas Hasani Abdulgani.

Memang yang terjadi di Liga Indonesia, banyak pemain naturalisasi dari Belanda seperti Raphael Maitimo, Stefano Lilipaly, hingga Ezra Walian yang memilih untuk berkompetisi di Indonesia setelah dinaturalisasi.

Karena itu, Hasani Abdulgani menduga Mees Hilgers mendapatkan informasi yang keliru sehingga ia mengajukan syarat agar tetap diperbolehkan bermain di luar negeri meski sudah menjadi WNI.

“Pemain-pemain naturalisasi Indonesia asal Belanda, mungkin teman-teman dia atau yang dia tahu, seperti Maitimo, mereka saja yang ingin tinggal di Indonesia. Itu bukan syarat dari kami,” ujar Hasani.

“Mereka mengira kewajiban bermain di Indonesia sebagai syarat. Saya bilang tidak. Kalian tetap bermain di Eropa. Malah kami menginginkan kalian berkiprah di Eropa,” sambungnya.

“Nanti saat FIFA Matchday, baru kami panggil seperti pemain-pemain yang bermain di luar negeri. Jadi beberapa pertanyaan itu yang harus kami jelaskan, kan orang tidak tahu,” lanjut Hasani.

Sementara itu, untuk proses naturalisasi dari empat pemain yang telah direkomendasikan oleh Shin Tae-yong, Hasani menjelaskan bahwa baru dua nama yang . . . . . . dokumennya sudah di tangan PSSI, yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Sementara untuk Ragnar Oratmangoen masih belum diwawancarai oleh Shin Tae-yong.

“Untuk Mees Hilgers, sebelum tahun baru, dia sudah lama bilang berminat. Tapi, dia mau nanti kalau bermain di Timnas Indonesia, tidak sia-sia. Artinya ada kepastian dia menjadi WNI,” ucap Hasani.

Shin Tae-yong telah melakukan wawancara dengan Sandy Walsh dan Jordi Amat. Sedangkan untuk dua pemain lainnya masih terkendala dengan kesibukan Sin Tae-yong mendampingi Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 lalu.

“Shin Tae-yong punya kebiasaan terhadap empat pemain yang direkomendasikan ini. Dia ingin mewawancarai keempatnya,” ujar Hasani.

“Kenapa Mees Hilgers agak lambat, dia sedang sibuk bermain di Liga Belanda pada akhir tahun lalu. Waktu dia sedang break, Shin Tae-yong lagi di Piala AFF. Jadi waktunya tidak ketemu,” jelas Hasani.

“Setelah tahun baru dan Piala AFF, baru Shin Tae-yong menghubungi Mees Hilgers. Dari pembicaraan itu, kalau menurut laporan dari agennya, Hilgers happy dan oke,” lanjutnya.

x

Check Also

Jumlah Followers Instagram Terus Meningkat, Begini Reaksi Shin Tae-yong

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku senang karena jumlah followers Instagramnya mengalami peningkatan ...