Home > Timnas Indonesia > Haruna Soemitro Pertanyakan Kemampuan Empat Pemain Yang Akan Dinaturalisasi

Haruna Soemitro Pertanyakan Kemampuan Empat Pemain Yang Akan Dinaturalisasi

Jakarta – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Haruna Soemitro, mempertanyakan keuntungan dari proses naturalisasi empat pemain keturunan yang akan memperkuat skuad Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, PSSI saat ini tengah memproses naturalisasi dari empat pemain keturunan atas rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia. Empat pemain tersebut yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen.

Menurut Haruna Soemitro, proses naturalisasi yang dilakukan tersebut akan sia-sia karena secara kualitas keempat pemain tersebut dinilainya tidak lebih bagus dari pemain Timnas Indonesia lainnya.

“Ketika kita mau menaturalisasi kita harus aple to aple dengan pemain lokal kita. Apakah pemain lokal kita tidak ada yang sebagus itu,” kata Haruna Soemitro.

“Contoh, sorry ya, contoh Sandy Walsh umpamanya, pemain belakang posisi bek kanan atau apa, sekarang pertanyaannya bagus mana Sandy Walsh dengan Asnawi Mangkualam?” lanjut Haruna Soemitro.

Selain itu menurut Haruna, kedatangan pemain naturalisasi justru akan menyingkirkan pemain-pemain lokal yang berpotensi.

“Kalau kemudian kedatangan dia menghilangkan kesempatan bagi anak bangsa kita, itu menjadi masalah besar kan begitu,” ujar . . . . . . Haruna Soemitro.

Baca juga : Soal Tagar #HarunaOut, Begini Sikap Tegas PSSI

Haruna juga menyinggung soal performa Timnas Indonesia yang dianggapnya tidak menunjukkan peningkatan di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong karena tim Garuda kembali gagal menjadi juara di ajang Piala AFF.

Karena itu, Haruna berkesimpulan Timnas Indonesia tidak memerlukan Shin Tae-yong karena posisi runner-up sudah lima kali diraih Timnas Indonesia sebelum ditangani pelatih asal Korea Selatan itu.

“Saya tadi sampaikan dalam rapat evaluasi kalau hanya runner-up, tidak perlu Shin Tae-yong. Karena kita sudah beberapa kali jadi runner-up,” singgung mantan Ketua Asprov PSSI Jawa Timur itu.

x

Check Also

Sempat Bikin Ketar-Ketir, Asnawi Mangkualam Akhirnya Sudah Tiba Di Vietnam

Jakarta – Asnawi Mangkualam akhirnya tiba di Vietnam untuk berlaga di SEA Games 2021. Kehadirannya ...