Home > Timnas Indonesia > Harga Skuad Timnas Indonesia Kini Urutan Kedua Termahal di Asia Tenggara

Harga Skuad Timnas Indonesia Kini Urutan Kedua Termahal di Asia Tenggara

Jakarta – Timnas Indonesia kini memiliki nilai skuad termahal kedua di Asia Tenggara setelah tampil apik di ajang Piala AFF 2020. Harga para pemain Timnas Indonesia mengalami lonjakan, berdasarkan data dari Transfermarkt.

Setelah menjadi juara di Grup B Piala AFF 2020, mengungguli Vietnam dan Malaysia, Timnas Indonesia menyingkirkan Singapura di babak semifinal dengan agregat 5-3.

Namun di babak final, tim asuhan Shin Tae-yong ini harus mengakui keunggulan Thailand dengan agregat 2-6. Setelah kalah 0-4 di final leg pertama (29 Desember 2021), tim Garuda berhasil menahan imbang 2-2 di leg kedua (1 Januari 2022).

Meskipun gagal menjadi juara namun Timnas Indonesia yang sebagian besar terdiri dari para pemain muda mengalami lonjakan harga pasaran karena performanya.

Berdasarkan catatan dari Transfermarkt, Timnas Indonesia memiliki harga senilai Rp 110,37 miliar. Angka ini menjadi kedua yang termahal setelah Timnas Thailand yang mencapai Rp 173,82 miliar.

Harga pasar Timnas Indonesia ini melampaui Timnas Vietnam (Rp 93,43 miliar), Timnas Malaysia (Rp 79,09 . . . . . . miliar), dan Timnas Filipina (Rp 49,10 miliar).

Baca juga : Asnawi Mangkualam Ada di 10 Besar Pemain Termahal Asia Tenggara

Sementara itu, Asnawi Mangkualam menjadi pemain paling mahal di Timnas Indonesia dengan dinilai Rp 6,52 miliar, disusul Ezra Walian, Evan Dimas, Pratama Arhan, dan kiper Nadeo Argawinata.

Lonjakan harga Timnas Indonesia ini cukup signifikan karena sebelum Piala AFF 2020, posisi Indonesia masih di bawah Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Sementara itu, pemain termahal di Asia Tenggara masih dipegang oleh kapten Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin, yang mencapai Rp 27,81 miliar.

x

Check Also

Pelatih Filipina Tidak Terlalu Mengenal Timnas Putri Indonesia di Piala Asia Wanita 2022

Jakarta – Pelatih Timnas Putri Filipina, Alen Stajcic, mengaku tidak mengenal kekuatan Timnas Putri Indonesia. ...