Home > Piala AFF > Timnas Indonesia Diharapkan Bermain Lebih Menyerang Melawan Malaysia

Timnas Indonesia Diharapkan Bermain Lebih Menyerang Melawan Malaysia

Singapura – Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Tony Ho, berharap Shin Tae-yong mengubah strategi permianannya saat melawan Malaysia nanti.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menjalani laga penentuan kontra Malaysia pada matchday keempat Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Pada laga ini, Timnas Indonesia sebenarnya hanya butuh imbang melawan Malaysia untuk bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020.

Namun demikian, Tony Ho berharap Shin Tae-yong tidak menerapkan strategi bertahan lagi seperti saat tim Garuda berhadapan dengan Vietnam pada Rabu (15/12/2021) lalu.

Menurut Tony Ho, Malaysia memiliki keuntungan karena waktu recovery yang lebih panjang dibanding Indonesia, sehingga para pemain Malaysia tentu lebih bugar untuk melakukan tekanan.

“Secara kualitas permainan, Timnas Indonesia dan Malaysia selevel. Jadi, faktor penentu kemenangan pada laga ini adalah kebugaran, taktik kedua pelatih, dan kekuatan mental,” kata Tony Ho, Jumat (17/12/2021).

Meski taktik bertahan yang dipakai Shin Tae-yong saat menghadapi Vietnam cukup berhasil namun menurut Tony Ho permainan menjadi membosankan, dan sangat beresiko bila hal ini diterapkan kembali melawan Malaysia yang lebih bugar dan sudah menonton laga Indonesia vs Vietnam sebelumnya.

“Laga itu cenderung membosankan. Vietnam terkesan latihan menyerang sedang Indonesia bertahan. Transisi permainan timnas juga tak jalan karena pemain kita gampang kehilangan bola,” jelas Tony Ho.

Tony . . . . . . Ho lebih berharap Timnas Indonesia bisa tampil menekan seperti saat mereka mengalahkan Kamboja dan Laos.

“Harus dicatat juga, kualitas permainan Malaysia diatas Kamboja dan Laos,” ucap Tony Ho.

“Sangat riskan kalau membiarkan Malaysia menguasai pertandingan. Karena itu sama saja memberikan kesempatan kepada Malaysia untuk mencetak gol,” jelas Tony Ho.

“Saya yakin coach Shin Tae-yong sudah memikirkan hal ini dengan menyiapkan strategi berbeda menghadapi Malaysia nanti,” lanjutnya.

Tony Ho memprediksi Shin Tae-yong akan memadukan permainan menyerang dan bertahan yang lebih tertata dengan menurunkan Evan Dimas sejak menit awal.

“Timnas Indonesia butuh pemain seperti Evan Dimas. Selain memiliki pergerakan dinamis dan umpan terukur, ia juga bisa memecah kebuntuan dengan golnya,” jelas Tony Ho.

Selain itu, striker bertipe agresif seperti Dedik Setiawan dan Kushedya Hari Yudo juga perlu diturunkan untuk membuat lini pertahanan Malaysia kian kerepotan.

“Mereka juga bisa jadi orang pertama yang membendung serangan Malaysia dari lini belakang,” tutup Tony Ho.

x

Check Also

Siapa Official Timnas Indonesia Yang Mengizinkan Empat Pemain Keluar Hotel Hingga Terkena Sanksi?

Jakarta – Empat pemain Timnas Indonesia tidak bisa memperkuat tim Garuda pada laga leg kedua ...