Home > Piala AFF > Striker Timnas Indonesia Masih Tumpul di Piala AFF 2020

Striker Timnas Indonesia Masih Tumpul di Piala AFF 2020

Singapura – Hingga sejauh ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih memiliki pekerjaan rumah terkait ketajaman para penyerang tengahnya.

Pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura, Rabu (22/12/2021) lalu, Shin Tae-yong sampai harus menurunkan tiga strikernya secara bergantian, namun tidak ada berhasil mencetak gol.

Seperti diketahui sebelumnya, Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020, yang digelar di Natinal Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021) malam WIB.

Timnas Indonesia mampu mencetak gol lebih dahulu melalui Witan Sulaeman di menit ke-28, hasil kerja sama apik dengan Asnawi Mangkualam.

Namun sayangnya, di babak kedua permainan Indonesia agak menurun sehingga mampu dimanfaatkan Singapura dengan baik.

Pada menit ke-70, striker Singapura Ikhsan Fandi berhasil menyamakan skor menjadi 1-1.

Sementara itu dari 5 laga yang dilalui Timnas Indonesia di Piala AFF 2021, Indonesia telah mencetak 14 gol. Timnas Indonesia juga menjadi tim paling produktif mencetak gol di ajang Piala AFF 2020 ini.

Baca juga : Ditahan Imbang Singapura, Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia Memaksimalkan Waktu Istirahat

Namun demikian, dari 14 gol yang telah dicetak hanya satu gol yang lahir dari kaki striker Timnas Indonesia, yakni Ezra Walian (1 gol).

Sedangkan tiga striker lainnya, yakni Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan dan Hanis Saghara belum juga mencetak gol.

Pada laga kontra Singapura, Shin Tae-yong bahkan menurunkan tiga strikernya. Dedik Setiawan dipasang sebagai starter, . . . . . . lalu Ezra Walian dimasukkan di babak kedua untuk menggantikan posisi Dedik Setiawan.

Namun Ezra Walian tidak bertahan lama, karena Shin Tae-yong memutuskan untuk menggantinya dengan Hanis Saghara di menit ke-78.

Hanis Saghara mampu mencatatkan satu peluang lewat tembakan on target.

Seusai laga, Shin Tae-yong mengaku para pemainnya kurang menjalankan instruksinya dengan baik saat laga kontra Singapura.

“Saya pikir kami tidak bermain terlalu agresif (keras). Saat pertama kali tiba, saya lihat pemain tidak bermain agresif,” kata Shin Tae-yong.

“Saya memang menginginkan pemain tampil agresif namun tidak sampai membuat lawan cedera,” lanjutnya.

“Kami tetap menghormati pemain lawan di lapangan,” ujar pelatih asal Korea Selatan ini.

Selain itu, faktor kelelahan juga sangat mempengaruhi performa Timnas Indonesia sehingga di babak kedua harus kebobolan.

“Dalam hal fisik, kami memang masih kurang untuk berhadapan satu-lawan-satu,” ungkap Shin Tae-yong.

“Tetapi, kami akan berusaha meningkatkannya lagi,” imbuh Shin Tae-yong.

Laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura akan digelar di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021) pukul 19.30 WIB.

x

Check Also

Dua Pelatih Mundur Setelah Kalah Dari Timnas Indonesia

Jakarta – Dua pelatih dilaporkan mundur setelah gagal di ajang Piala AFF 2020. Mereka adalah ...