Home > Piala AFF > Selalu Ubah Formasi di Empat Laga Piala AFF 2020, Begini Penjelasan Shin Tae-yong

Selalu Ubah Formasi di Empat Laga Piala AFF 2020, Begini Penjelasan Shin Tae-yong

Singapura – Timnas Indonesia selalu tampil dengan formasi yang berbeda di empat laganya, di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

Menurut pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dirinya selalu mengubah formasi selain untuk membuat bingung lawan, juga untuk mengetahui karakter lawan yang dihadapi.

Pada saat berhadapan dengan Kamboja di matchday pertama Grup B Piala AFF 2020, 9 Desember 2021 lalu, Shin Tae-yong menggunakan formasi 4-1-2-3 yang memang biasa dipakainya di beberapa laga Timnas Indonesia. Hasilnya, Timnas Indonesia menang 4-2.

Saat bertanding melawan Laos pada matchday kedua, 12 Desember lalu, Shin Tae-yong memainkan lima pemain berbeda yang sebelumnya tidak tampil saat melawan Kamboja. Di laga ini Timnas Indonesia menang dengan skor telak 5-1.

Sementara itu, pada saat melawan juara bertahan Vietnam di matcday ketiga, 15 Desember lalu, Shin Tae-yong menerapkan strategi bertahan, dengan menempatkan tiga bek yakni Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Risky Ridho, yang diapit Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam.

Strategi ini ternyata ampuh menahan gempuran dari para pemain Vietnam, sehingga laga berakhir imbang tanpa gol.

Sedangkan pada saat bertemu Malaysia di matchday keempat, 19 Desember 2021, Shin Tae-yong menggunakan formasi 4-4-2, dengan menempatkan Witan Sulaeman dan Ezra Walian di lini depan.

Ezra Walian difokuskan untuk menjadi tembok demi mengalihkan perhatian para bek Malaysia, sedangkan Witan Sulaeman lebih bebas bergerak mencari bola. Taktik ini pun berhasil, karena . . . . . . Timnas Indonesia sukses membungkam Malaysia dengan skor telak 4-1.

“Jadi kami memang mengubah formasi supaya lawan pun susah membaca dan menganalisa permainan kami,” jelas Shin Tae-yong.

“Tetapi kami juga sebenarnya sulit untuk harus mengubah formasi setiap pertandingan,” jelas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga menambahkan, dirinya selalu menjelaskan kepada para pemain Timnas Indonesia terkait strategi yang akan dipakai pada laga yang akan mereka mainkan.

“Jadi memang kami ada patokan untuk formasi apa yang ingin saya inginkan,” ungkap Shin Tae-yong.

“Kami juga mengubah formasi sedikit-sedikit tergantung kelemahan lawan,” lanjutnya.

Perubahan strategi yang dilakukan Shin Tae-yong ini berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2020 dengan status sebagai juara Grup B.

Pada semifinal nanti, Indonesia akan berhadapan dengan Singapura sebagai runner-up Grup A, sedangkan Vietnam akan bertanding melawan Thailand sebagai juara Grup A.

Laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura akan digelar pada 22 Desember, sedangkan leg kedua pada 25 Desember 2021.

x

Check Also

Siapa Official Timnas Indonesia Yang Mengizinkan Empat Pemain Keluar Hotel Hingga Terkena Sanksi?

Jakarta – Empat pemain Timnas Indonesia tidak bisa memperkuat tim Garuda pada laga leg kedua ...