Home > Berita Liga Indonesia > PSSI Uji Coba Laga Dengan Penonton di Babak 8 Besar Liga 2 2021

PSSI Uji Coba Laga Dengan Penonton di Babak 8 Besar Liga 2 2021

Jakarta – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) berencana akan menjadikan babak 8 besar Liga 2 2021 sebagai uji coba dimulainya pertandingan sepak bola dengan penonton.

Menurut keterangan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pihaknya telah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk meminta izin terkait rencana mulai dihadirkannya penonton di stadion.

“Sementara kami bakal lakukan uji coba secara khusus dalam pertandingan babak delapan besar Liga 2 yang diadakan di Stadion Pakansari Bogor dan Wibawa Mukti Bekasi,” jelas Mochamad Iriawan, Senin, (06/12/2021).

Nantinya menurut Mochamad Iriawan, penonton yang hadir dalam uji coba ini hanyalah yang telah mendapat undangan khusus dari PSSI, tiket tidak dijual secara umum.

“Dalam aturan kita bisa menghadirkan penonton sebanyak 50 persen dari kapasritas stadion atau lima ribu orang, tapi kita belum akan mengundang sebanyak itu karena kita masih mau melihat gambaran kondisi penonton dalam satdion dengan kondisi pandemi Covdi-19,” ujar pria yang biasa disapa Iwan Bule ini.

Iwan Bule mengibaratkan uji coba ini seperti ajang turnamen pramusim Piala Menpora 2021 lalu sebelum digelarnya kompetisi BRI Liga 1 2021/22.

“Begitu turnamen pramusim berhasil kami dapat izin gelar kompetisi, uji coba penonton juga kayak begitu,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait risiko kedatangan suporter lain yang tidak mendapatkan undangan, Iwan Bule sudah meminta bantuan Menpora Zainudin Amali untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Nanti kami bakal rapat lagi dengan Menpora dan berkoordinasi karena penonton . . . . . . di luar stadion itu jadi tanggung jawab aparat keamanan dalam hal ini polisi, kalau kami hanya dalam stadion yakni tribun dan zona satu saja,” tutur Iwan Bule.

Setiap penonton yang hadir juga diharuskan untuk menjalani swab antigen yang nanti akan dari Kementerian Kesehatan.

“Kami ingin yang masuk itu harus swab antigen, seperti halnya para pemain,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menambahkan, karena nantinya akan ada dua pertandingan di stadion yang sama maka harus diatur keluar masuknya penonton sehingga tidak terjadi penumpukan antara penonton yang keluar dan yang masuk di pertandingan kedua.

“Jangan sampai ada benturan arus masuk dan keluar. Ini pertimbangan utama yakni tidak terjadi kerumunan yang bisa menjadi klaster baru,” kata Akhmad Hadian Lukita.

Babak 8 besar Liga 2 2021 ini dibagi ke dalam dua grup, yang masing-masing diisi 4 tim, seperti pada babak penyisihan.

Grup X terdiri dari RANS Cilegon FC, Sriwijaya FC, Persis Solo, dan Persiba Balikpapan.

Sedangkan di Grup Y ada PSIM Yogyakarta, PSMS Medan, Dewa United, dan Sulut United.

x

Check Also

RANS Cilegon FC Lolos ke Liga 1, Gading Marten Tantang Raffi Ahmad

Jakarta – RANS Cilegon FC berhasil promosi ke Liga 1 setelah sukses mengalahkan PSIM Yogyakarta ...