Home > Piala AFF > Indonesia Dipermak Thailand, Shin Tae-yong Beri Alasan Ini

Indonesia Dipermak Thailand, Shin Tae-yong Beri Alasan Ini

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkap beberapa alasan di balik kekalahan dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020. Paling tidak, ada tiga alasan yang diucapkan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia harus menyerah dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021) malam WIB. Pada duel di National Stadium itu, Skuad Garuda kalah dengan skor sangat telak yakni 4-0 dari Thailand.

Gol-gol Thailand dicetak oleh Chanathip Songkrasin (2 gol), Supachok Sarachat, dan Bordin Phala. Indonesia, walau punya beberapa peluang, tetapi tidak cukup berbahaya di depan gawang Thailand.

Menurut Shin Tae-yong, alasan pertama Indonesia kalah dari Thailand adalah soal pengalaman. Indonesia dihuni banyak pemain muda. Mayoritas pemain belum pernah merasakan laga final dengan tekanan setinggi Piala AFF.

“Kami menyiapkan tim dengan baik hingga ke final. Tapi, bagaimana pun ada banyak pemain yang memainkan final pertamanya pada laga ini,” kata Shin Tae-yong.

Alasan kedua, Indonesia kebobolan gol cepat dari aksi Chanathip. Pemain berusia 28 tahun itu mencetak gol pada menit ke-2. Situasi itu membuat Indonesia kesulitan . . . . . . untuk bangkit dari tekanan.

“Kami kebobolan gol yang sangat cepat, begitu babak pertama baru dimulai langsung gol. Situasi itulah yang lantas mempersulit kami sendiri,” ucapnya.

Selanjutnya, Shin Tae-yong menyebut pemain Indonesia gagal memanfaatkan momen yang didapat. Pada menit ke-41, ada peluang emas yang didapat Alfeandra Dewangga. Tapi, momen ini gagal menjadi gol.

“Peluang Dewangga kami tidak bisa cetak gol dari momen itu sehingga kami sulit untuk bangkit,” tegasnya.

Selain peluang yang didapat Dewangga, praktis Indonesia lebih banyak berada dalam tekanan Thailand pada babak pertama. Lalu, pada babak kedua, saat tekanan Thailand mengendur, Indonesia sudah kehilangan ritme permainan dan fokus. (Edy – satupedia.com)

x

Check Also

Pakar Sepak Bola Malaysia Kagumi Kekuatan Lemparan Pratama Arhan

Jakarta – Kekuatan lemparan ke dalam bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, pada ajang Piala ...