Home > Berita Liga Inggris > Manchester United > Catatan Statistik Membuktikan Gegenpressing Ralf Rangnick Sudah Mulai Mengubah Permainan MU

Catatan Statistik Membuktikan Gegenpressing Ralf Rangnick Sudah Mulai Mengubah Permainan MU

Manchester – Manchester United berhasil unggul 1-0 saat menjamu Crystal Palace, di Old Trafford, pada laga pekan ke-15 Liga Inggris 2021/22, Minggu (05/12/2021) malam WIB.

Satu-satunya gol pada laga tersebut dicetak oleh Frederico Santos di menit ke-77.

Laga ini menjadi laga perdana bagi Ralf Rangnick setelah ditunjuk sebagai pelatih interim Manchester United, menggantikan posisi Ole Gunnar Solskjaer.

Pada laga kontra Crystal Palace ini sudah mulai nampak hasil racikan dari Ralf Rangnick yang identik dengam strategi gegenpressing-nya.

Pada laga tersebut, skuad Setan Merah terlihat aktif melakukan tekanan terhadap pemain lawan dan tidak membiarkan mereka menguasai bola terlalu lama.

Hal ini terlihat dari 62 persen penguasaan bola milik Manchester United yang tidak biasa dilakukan MU sebelum ditangani Ralf Rangnick.

Bahkan secara khusus, analis sepak bola untuk BBC Sports, Statman Dave, memberikan analisanya terkait laga Manchester United vs Crystal Palace, melalui akun Twitternya.

Dave mencatat, ada 10 tembakan yang dilakukan Manchester United dalam 30 menit pertama. Angka ini melebihi jumlah tembakan Setan Merah saat dipermalukan Watford (9 tembakan).

Setelah babak pertama berakhir, Statman Dave mencatat ada 108 operan berakhir di sepertiga akhir lapangan, 48 operan menuju ke sepertiga akhir lapangan, 26 sentuhan di kotak penalti lawan, 26 operan di kotak penalti lawan, dan penguasaan bola dimenangkan sebanyak enam kali di sepertiga akhir lapangan.

Baca juga : Ralf Rangnick Puji Penampilan Cristiano Ronaldo Yang Tidak Malas Lagi Menekan Pemain Lawan

Sedangkan pada catatan terakhirnya, . . . . . . berkembang menjadi 12 kali seiring dengan waktu berjalan pertandingan.

Dave juga mengungkapkan, Manchester United tidak pernah memenangkan bola sebanyak ini di wilayah lawan sebelum kedatangan Ralf Rangnick. Terbanyak saat bertemu Newcastle United dan Arsenal, yakni 7 kali.

Sementara itu, strategi gegenpressing juga terlihat dari catatan performa masing-masing pemain Manchester United, seperti Fred misalnya. Gelandang asal Brasil itu tercatat 10 kali memenangkan duel, 10 kali melepaskan operan ke sepertiga akhir, 9 tekel, dan 9 kali berhasil merebut bola kembali.

Diogo Dalot tercatat 20 kali melakukan umpan sukses, 3 kali mengembalikan penguasaan bola, 3 operan menuju kotak penalti lawan, dan 2 tekel sukses.

Sementara itu, kapten tim Harry Maguire juga tercatat 15 kali operan di sepertiga akhir lapangan, paling banyak yang bisa dicatatkan seorang pemain MU musim ini setelah Paul Pogba (23 operan vs Newcastle).

Dengan catatan ini terlihat strategi gegenpressing yang menjadi ciri khas Ralf Rangnick mulai mewarnai permainan Manchester United, meski tentu saja masih perlu beberapa laga bagi Setan Merah untuk benar-benar menguasainya.

x

Check Also

Lini Pertahanan Manchester United Disebut Lebih Buruk Dari Tim Championship

Manchester – Performa lini pertahanan Manchester United yang buruk mendapatkan sindiran keras dari mantan pelatih ...