Home > Piala AFF > Banyak Keputusan Wasit Kontroversi, Shin Tae-yong Sebut Sudah Waktunya Piala AFF Pakai VAR

Banyak Keputusan Wasit Kontroversi, Shin Tae-yong Sebut Sudah Waktunya Piala AFF Pakai VAR

Singapura – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai sudah waktunya ajang Piala AFF dilengkapi dengan Video Assistant Referee (VAR) karena banyak keputusan wasit yang kontroversi di ajang ini.

Shin Tae-yong kemudian menyinggung soal wasit yang memimpin laga semifinal leg pertama antara Singapura vs Indonesia yang berakhir imbang 1-1.

Pada laga tersebut, Ricky Kambuaya dilanggar di dalam kotak penalti, namun wasit tidak memberikan tendangan penalti, namun hanya tendangan bebas dari tepi kotak penalti.

Selain itu, pelanggaran yang dilakukan Pratama Arhan karena mengangkat kaki terlalu tinggi hanya diganjar kartu kuning oleh wasit.

Keputusan kontroversi dari wasit juga terjadi pada laga semifinal leg pertama yang mempertemukan Vietnam vs Thailand, dimana laga tersebut berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Thailand.

Karena itu, Shin Tae-yong mendesak agar VAR dipasang pada kompetisi Piala AFF ke depannya.

“Saat Piala Dunia mengimplementasikan VAR, teknologi itu yang kita butuhkan di sepakbola saat ini. Manusia itu tak 100 persen sempurna, kita melakukan kesalahan,” kata Shin Tae-yong.

“Bagaimanapun, di atas lapangan saat pemain mengerahkan 100 persen kemampuan, keputusan buruk dari wasit bisa menghancurkan tempo permainan dan pertandingan secara . . . . . . umum.”

“Seperti yang saya katakan dalam wawancara lainnya, Singapura sebagai tuan rumah mempunyai keuntungan dalam banyak aspek. Bagaimanapun wasit, mereka masih mempunyai peran untuk memastikan fairplay dalam pertandingan. Jika tidak, satu keputusan buruk wasit bisa menghancurkan pertandingan atau turnamen secara keseluruhan.”

“Saya melihat setelah pertandingan, usai leg I laga kami, rekaman videonya pada momen itu. Saya melihat bahwa seharusnya diberikan penalti daripada tendangan bebas. Dan laga Vietnam dan Thailand, saya juga melihat seharusnya ada hukuman penalti yang diberikan,” ujar Shin Tae-yong.

“Untuk mempromosikan citra kompetisi dan bisa menjalankan kompetisi lebih baik, seperti saya katakan sebelumnya VAR jelas kita butuhkan untuk kompetisi ini ke depannya,” tutup pelatih asal Korea Selatan ini.

x

Check Also

Sikap Pemain Thailand Yang Menghampiri Bench Timnas Indonesia Usai Juara Piala AFF 2020 Tuai Pujian

Jakarta – Thailand sukses menjadi juara di ajang Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Timnas Indonesia ...