Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Xavi Hernandez Bukan Satu-Satunya Mantan Pemain Yang Pernah Melatih Barcelona

Xavi Hernandez Bukan Satu-Satunya Mantan Pemain Yang Pernah Melatih Barcelona

Barcelona – Barcelona baru saja sukses memulangkan Xavi Hernandez kembali ke Barcelona menjadi pelatih Blaugrana yang baru menggantikan Koeman dengan kontrak sampai Juni 2024.

Xavi Hernandez Anggap Kemenangan Madrid Atas PSG Tidak Adil

Xavi Hernandez

Xavi dituntut untuk mendongkrak performa mantan timnya yang tengah terpuruk pada musim ini.Ternyata Xavi sendiri bukan legenda pertama yang ditunjuk sebagai pelatih Barcelona. Sebelumnya, ada juga beberapa mantan pemain yang dipercaya untuk memimpin Blaugrana.

Beberapa mantan pemain tercatat berhasil mempersembahkan gelar saat ditunjuk menjadi pelatih Barcelona, seperti sejumlah nama dibawah ini :

Johan Cruyff
Johan Cruyff merupakan salah satu legenda dalam dunia sepak bola. Pria asal Belanda tersebut tidak bisa dipisahkan dari kesuksesan yang diraih Blaugrana.Setelah tiga tahun melatih Ajax, Cruyff kembali ke Barcelona. Dia menangani mantan timnya tersebut selama delapan tahun antara 1988—1996.Bersama Barcelona, Cruyff mampu mempersembahkan 11 gelar juara. Itu termasuk satu trofi Liga Champions pada 1991/1992.

Josep Guardiola
Pada mulanya Josep Guardiola merupakan pelatih Barcelona B. Dia kemudian dipercaya menjadi pelatih tim utama menyusul pemecatan Frank Riijkard pada akhir musim 2007-2008.

Meski tanpa pengalaman, keputusan Barcelona menunjuk Guardiola ternyata tidak salah. Dalam empat musim, Guardiola berhasil memenangkan 14 trofi, termasuk dua Liga Champions.Guardiola menangani Barcelona hingga tahun 2012. Sebelum ke Manchester City pada 2016, Guardiola sempat melatih raksasa Jerman Bayern Munchen.

Luis Enrique
Luis Enrique bermain . . . . . . untuk Barcelona selama 8 musim pada 1996—2004. Setelah pensiun, Enrique memulai kariernya sebagai pelatih dengan menangani Barcelona B.
Karier Enrique sebagai juru taktik Blaugrana bisa dibilang sangat sukses.Selama tiga musim di Camp Nou, pria berusia 51 tahun tersebut berhasil mempersembahkan 9 gelar juara. Itu termasuk treble winner pada 2014/2015.

Ernesto Valverde
Ernesto Valverde pernah bermain untuk Barcelona selama dua musim pada 1988—1990. Ketika itu, dia berhasil memenangkan Piala Winners bersama Blaugrana.Dirinya berhasil mempersembahkan empat gelar juara, yakni dua trofi La Liga, satu Piala Super Spanyol, dan satu Piala Spanyol.

Ronald Koeman
Ronaldo Koeman merupakan legenda Barcelona saat masih aktif bermain. Koeman memiliki masa tugas yang sangat singkat sebagai pelatih di Camp Nou. Dirinya dipecat pada musim ini karena dianggap gagal mendongrak performa Blaugrana.(Ara-Satupedia.com)

Ronaldo Koeman merupakan legenda Barcelona saat masih aktif bermain. Koeman memiliki masa tugas yang sangat singkat sebagai pelatih di Camp Nou. Dirinya dipecat pada musim ini karena dianggap gagal mendongrak performa Blaugrana.(Ara-Satupedia.com)

x

Check Also

Ricard Pruna Akan Tangani Barcelona Kembali, Xavi : Pruna Adalah Dokter Terbaik

Barcelona – Pada musim ini badai cedera melanda pemain Barcelona pada saat masih dilatih oleh ...