Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Tegas ! Xavi Tidak Mau Kompromi, Terapkan Aturan Ketat Agar Barcelona Bisa Bangkit Kembali

Tegas ! Xavi Tidak Mau Kompromi, Terapkan Aturan Ketat Agar Barcelona Bisa Bangkit Kembali

Barcelona – Barcelona menjalani era beru bersama pelatih baru, Xavi yang sebelumnya melatih Al-Sadd klub asal Qatar. Demi membawa Barcelona lebih baik lagi,Xavi telah menerapkan 10 aturan dasar yang harus ditaati oleh semua pemain maupun staf Blaugrana.

Xavi resmi menjabat sebagai pelatih baru Barcelona pada 6 November 2021 kemarin.Per 9 November, Xavi resmi menjalani tugas pertamanya melatih skuat Barcelona. Ia tahu bahwa melatih Blaugrana adalah tantangan yang luar biasa berat.

Demi membangkitkan Barca yang sedang terpuruk, Xavi langsung memberlakukan aturan yang ketat. Aturan ini berlaku untuk pemain plus bagi staf pelatih.

Berdasarkan laporan dari AS, ada 10 aturan ketat yang diberlakukan oleh Xavi di skuat Barcelona.Berikut ini adalah aturan yang diterapkan oleh Xavi di Barcelona :

1.Pemain Wajib Hadir 90 Menit Sebelum Sesi Latihan Dimulai
Sesi latihan Barcelona biasanya dimulai pada pukul 11 siang waktu setempat. Para pemain kini tak bisa lagi datang mepet ke tempat latihan.Mereka harustiba paling lambat pada pukul 9.30. Dengan demikian mereka bisa mempersiapkan diri dengan layak.Persiapan itu juga termasuk sarapan bersama. Waktu itu juga bisa digunakan para pelatih untuk bertatap muka secara individual dengan para pemain jika dibutuhkan.

2. Staf Pelatih Harus Hadir 2 Jam Lebih Awal
Jika para pemain harus datang 90 menit lebih awal, maka para staf pelatih harus datang lebih awal lagi. Xavi meminta para asistennya untuk tiba di markas latihan dua jam sebelum latihan dimulai.Tujuannya agar para staf bisa menyiapkan segala keperluan untuk latihan dengan sebaik mungkin. Hal ini juga akan membantu sesi latihan berjalan lancar dan pemain merasa nyaman.

3.Para Pemain Harus Makan di Tempat Latihan
Salah satu hal yang membantu para pemain bisa berlaga dengan baik adalah mereka mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Xavi ingin agar para pemainnya mendapatkan asupan gizi yang tepat bisa membantu pemain terhindar dari cedera dan meningkatkan kondisi fisik mereka. Maka dari itu Xavi ingin para pemainnya makan bersama di Ciutat Esportiva.

Kini para pemain Barcelona tidak bisa lagi jajan sembarangan, karena pola dan asupan gizi mereka akan ditentukan oleh ahli nutrisi dari klub.5

4.Xavi berlakukan Denda Lagi
Para pemain Barcelona akan dijatuhi denda saat melakukan pelanggara, baik itu yang sepele sekalipun. Sejak ditinggalkan Luis Enrique pada tahun 2017 silam aturan itu tak dipakai lagi karena para pemain dianggap sudah cukup profesional untuk tahu caranya bersikap di dalam lapangan.Xavi sendiri tampaknya terinspirasi oleh aturan yang dahulu ditetapkan oleh Josep Guardiola setelah ia datang menggantikan Frank Rijkaard pada tahun 2008 silam. Blaugrana mampu meraih banyak prestasi bersama Guardiola.

5.Denda Berlaku Kelipatan
Jika ada pemain yang melakukan pelanggaran secara berulang, maka mereka akan mendapatkan denda berlipat.Misalnya saja, jika pemain datang telat latihan, ia harus membayar 100 Euro. Jika melakukan kesalahan yang sama lagi, ia harus membayar 200 euro. Jika masih bandel, mereka harus membayar 400 euro, . . . . . . lalu 800 euro, dan seterusnya.

6.Para Pemain Harus di Rumah 48 Jam Sebelum Laga
Xavi ingin para pemain Barcelona dalam kondisi terbaiknya saat berlaga. Untuk itu mereka harus beristirahat dengan cukup.Karenanya Xavi ingin para pemainnya berada di rumah setidaknya dua hari atau 48 jam sebelum hari H. Ia tak mau para pemain keluyuran kemana-mana.Xavi tidaka akan bernegosiasi sama sekali untuk para pemain yang menginginkan adanya dispensasi.

Baca juga : Barcelona Tandai Era Baru Dengan Xavi, Pecat Staff Medis Dan Panggil Kembali Dokter Ricard Pruna

7.Berikan yang Terbaik di Sesi Latihan
Latihan adalah salah satu elemen super penting bagi sebuah tim untuk bisa mencapai target yang diinginkan. Latihan penting guna memantapkan taktik tim.Xavi tak mau para pemain berlatih setengah-setengah. Semua pemain diwajibkan berlatih dengan mengeluarkan 100 persen kemampuannya di tiap sesi latihan.

Tiap pemain yang dinilai tak berlatih maksimal, akan mendapatkan konsekuensi yang setimpal. Ia bisa didiamkan saja di bangku cadangan atau bahkan tak masuk tim.

8.Jangan Macam-macam di Luar Lapangan
Xavi benar-benar ingin menjaga kedisiplinan anak-anak asuhnya. Itu artinya ia tak hanya memonitor perilaku mereka saat di klub saja, dirinya juga akan memonitor pergerakan para pemain saat di luar lapangan.

Bersumber dari AS, para pemain boleh saja bersantai, namun mereka tak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan privat yang memakan waktu berjam-jam, termasuk dengan menggunakan pesawat terbang sekalipun.Jika nanti ternyata kegiatan di luar lapangan itu memengaruhi performa seorang pemain, maka pemain itu akan mendapatkan pengawasan khusus dari staf pelatih Barcelona.

9.Larangan Melakukan Aktivitas Berbahaya
Aturan ini tentu masih berkaitan dengan aturan sebelumnya terkait kegiatan di luar lapangan. Xavi tak ingin para pemain melakukan kegiatan yang beresiko yakni kegiatan yang bisa membuat mereka mengalami cedera. Sebut saja mengendarai motor, balapan mobil, berselancar, main ski, dll.

Jika ada yang melanggar aturan ini, maka mereka akan mendapatkan sanksi berat. Hal tersebut juga bisa dianggap sebagai pelanggaran atas kontrak mereka.

10.Jaga Image Barcelona
Hal ini juga berkaitan dengan aturan di luar lapangan. Para pemain tak boleh bersikap ugal-ugalan di waktu luang mereka.Mereka harus menjaga tingkah lakunya di setiap kesempatan. Hal tersebut juga berlaku untuk para staf klub.Contohnya, mereka harus bersikap dengan penuh empati pada para fans. Mereka juga harus tunduk pada aturan setiap waktu.Karena setiap tindakan pemain atau staf bisa dianggap sebagai cerminan sebuah klub.(Ara-Satupedia.com)

 

x

Check Also

Tanggapan Xavi Terkait Dengan Hashtag #BusquetsEnElBanquillo

Barcelona – Saat ini Twitter ramai dengan hashtag #BusquetsEnElBanquillo alias #BusquetsOnTheBench dalam sepekan terakhir. Fans ...