Home > Timnas Indonesia > Shin Tae-yong Ingin Empat Pemain Dinaturalisasi, Ini Tanggapan Menpora

Shin Tae-yong Ingin Empat Pemain Dinaturalisasi, Ini Tanggapan Menpora

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengaku sudah mengetahui perihal adanya permintaan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menaturalisasi empat pemain.

Menurut Zainudin Amali, pada dasarnya pemerintah akan membantu proses naturalisasi pemain, namun dengan syarat yang lebih ketat agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Sekarang syaratnya, pemain harus punya keturunan, lalu ditelusuri dan diminta pembuktiannya. Jangan sampai kejadian seperti sekarang ini,” kata Zainudin Amali, Kamis (18/11/2021).

Zainudin Amali kemudian menyinggung soal proses naturalisasi Marc Klok yang belum diakui FIFA karena tidak bisa menunjukkan garis keturunan yang jelas, sehingga yang bersangkutan belum bisa memperkuat Timnas Indonesia.

“Jangan sampai kejadian saat ini terulang lagi. Kami itu dulu menganggap, kami terima sudah lengkap. Sekarang tidak, saya perketat,” ucap Menpora.

“Kalau dia punya keturunan, buktikan keturunan dari mana. Apakah orang tuanya atau kakek dan neneknya. Saya akan minta itu sehingga tidak menyulitkan kami,” tambah Menpora.

Selain itu, permintaan naturalisasi hanya diajukan oleh PSSI kepada pemerintah, bukan oleh klub.

“Saya tidak mau terima usulan dari klub. Kalau dulu, usulan klub diterima. Sekarang tidak. Harus dari PSSI supaya ada yang bertanggung jawab,” tegas Menpora.

“Kalau usulan klub untuk menaturalisasi pemain, biasanya pemain itu sudah berpindah-pindah tim. . . . . . . Misalnya, saat pengajuan naturalisasi, dia di klub A. Tiba-tiba dalam proses, dia pindah ke klub B. Dalam proses naturalisasinya mau selesai, dia sudah di klub C,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan pihaknya akan meneliti terlebih dahulu garis keturunan dari sang pemain, dan itu membutuhkan waktu.

“Prosesnya cukup panjang. Namun, kami akan melapor ke pemerintah. Kami minta dispensasi agar bisa mempercepat mereka menjadi WNI,” kata Mochamad Iriawan.

“Setelah ini, kami akan bergerak dan bertanya ke pemerintah, berapa lama kira-kira mereka bisa melalui proses naturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia,” tambahnya.

Berikut ini empat nama pemain yang diminta Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi :

1. Sandy Walsh, 26 tahun (Belanda)
2. Jordi Amat, 29 tahun (Spanyol)
3. Mees Hilgers, 20 tahun (Belanda)
4. Kevin Diks, 25 tahun (Belanda)

x

Check Also

Timnas Indonesia Belum Bisa Kibarkan Merah Putih di Piala AFF 2020?

Jakarta – Timnas Indonesia kemungkinan besar belum bisa mengibarkan Bendera Merah Putih di ajang Piala ...