Home > Berita Liga Indonesia > PT LIB Pastikan VAR Akan Digunakan Pada Musim Depan

PT LIB Pastikan VAR Akan Digunakan Pada Musim Depan

Jakarta – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan teknologi Video Assistant Referee (VAR) akan segera digunakan pada kompetisi sepak bola di Indonesia.

Keputusan ini diambil sebagai respon atas keluhan-keluhan yang muncul terkait kepemimpinan wasit selama penyelenggaraan kompetisi BRI Liga 1 2021/22 dan Liga 2 2021.

“Kami sudah mulai berdiskusi dengan PSSI soal VAR. VAR akan kita jalankan, Ketum sudah bilang mau tidak mau. Jadi tim akan dibentuk PSSI dan LIB. Ada tim adhoc diputuskan dalam waktu dekat,” kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, belum lama ini.

“VAR mungkin akan digunakan musim depan. Tapi saya berharap di akhir musim ini bisa diuji cobakan. Bagusnya semua laga pakai VAR, tetapi kami sudah tahu dalam seminggu ada pertandingan dimana saja, di setiap pertandingan, di titik mana yang kira-kira membutuhkan VAR,” jelas Akhmad Hadian Lukita.

“Polanya nanti pake mobile sistem, pakai kontainer, jadi bisa pindah. Jadi untuk 9 pertandingan kami bisa menggunakan 3 set misalnya. Kalau pertandingan ini pindah ke sana, ke . . . . . . sini. Kalau pakai sistem seri memindahkan,” lanjutnya.

Terkait dana yang harus disediakan, Akhmad Hadian Lukita memastikan pihaknya bisa memenuhinya karena jteknologi VAR memang sudah tidak bisa ditunda lagi demi peningkatan kualitas wasit dan hasil pertandingan sepak bola di Indonesia.

“Satu set VAR itu mencapai 6 juta dollar AS (sekitar Rp 85 miliar). Itu nanti penggunaannya bisa pindah-pindah dari satu stadion ke stadion lain,” jelas Akhmad Hadian Lukita.

“Untuk tahap awal, kami akan membeli satu set VAR. Kalau nanti kompetisi kembali ke format semula, kandang dan tandang, kami harus membuat klaster VAR agar tidak jauh perpindahannya,” sambungnya.

x

Check Also

Seri 3 BRI Liga 1 2021/22 Batal Digelar di Jawa Timur

Jakarta – PT Liga Indonesa Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola di Indonesia memastikan ...