Home > Piala AFF > Piala AFF Tidak Masuk Agenda FIFA, Timnas Indonesia Terancam Tidak Bisa Diperkuat Sejumlah Pemain Bintang

Piala AFF Tidak Masuk Agenda FIFA, Timnas Indonesia Terancam Tidak Bisa Diperkuat Sejumlah Pemain Bintang

Jakarta – Sejumlah pemain bintang Timnas Indonesia yang saat ini berkarir di luar negeri terancam tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020, yang digelar di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 mendatang.

Hal ini dikarenakan ajang Piala AFF 2020 tidak masuk ke dalam agenda FIFA.

Menurut aturan FIFA yang berlaku, klub berhak untuk menahan pemain bila turnamen atau pertandingan yang diikuti timnasnya tidak masuk agenda FIFA. Namun sebaliknya, klub wajib melepas sang pemain bila ajang tersebut masuk agenda FIFA.

Karena Piala AFF 2020 ini tidak masuk agenda FIFA maka beberapa pemain Timnas Indonesia yang berkarir di luar negeri kemungkinan besar tidak bisa bergabung, seperti Egy Maulana Vikri (FK Senica), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim), Ryuji Utomo (Penang FC), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk), Egy Maulana Vikri (FK Senica), dan Elkan Baggott (Ipswich Town U-23).

Khusus untuk Syahrian Abimanyu dan Ryuji Utomo, keduanya masih berpeluang bergabung bersama Timnas Indonesia karena kompetisi di Malaysia . . . . . . sedang libur. Selain itu, Timnas Malaysia juga menjadi salah satu tim yang akan bertarung di Piala AFF 2020.

Terkait permasalahan ini, Sekjen PSSI, Yunus Nusi pun membenarkan.

“Ya memang tidak ada agenda FIFA matchday buat Piala AFF. Yang benar adalah pertandingan di Piala AFF dilaporkan ke FIFA sebagai Tier 1 dan dihitung sebagai FIFA Rangking,” kata Yunus Nusi.

“Dan setelah dilihat di kalender FIFA periode 2020-2024 tidak ada Piala AFF dan di Desember juga pelaksanaan AFF tidak pada periode FIFA Matchday,” lanjut Yunus Nusi.

“Makanya klub-klub Eropa dan di luar Asia Tenggara bisa saja menolak pemainnya kalau dipanggil timnas negaranya karena tidak ada kewajiban,” jelasnya.

x

Check Also

Nadeo Argawinata Tak Masalah Piala AFF 2020 Ditunda

Penyelenggaraan Piala AFF 2020 resmi ditunda ke 2021. Pandemi COVID-19 yang belum rata melandai di ...