Home > Timnas Indonesia > Persebaya Harus Relakan Dua Pemain Lagi Dipanggil ke Timnas Indonesia

Persebaya Harus Relakan Dua Pemain Lagi Dipanggil ke Timnas Indonesia

Yogyakarta – Persebaya Surabaya dikabarkan harus merelakan dua pemainnya lagi untuk dipanggil memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020.

Sebelum ini, dua pemain Persebaya sudah bergabung bersama Timnas Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan di Turki sejak 12 November lalu.

Kedua pemain pilar Persebaya Surabaya tersebut yakni Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Terkait dua pemain Persebaya lainnya yang akan menyusul bergabung bersama Timnas Indonesia, pelatih Persebaya Aji Santoso mengaku sudah mendengar informasi tersebut.

Meski Aji Santoso masih enggan untuk mengungkap dua sosok pemain yang dimaksud, namun dari informasi yang telah beredar, kedua pemain tambahan tersebut adalah Ernando Ari dan Rizky Ridho.

’’Justru kami malah bangga. Saat tim-tim lain hanya menyumbang dua pemain untuk timnas, Persebaya malah mengirim pemain lebih banyak,” kata Aji Santoso terkait dua tambahan pemain Persebaya yang akan bergabung bersama Timnas Indonesia.

“Bisa dikatakan, Persebaya akan (menyumbang pemain) lebih banyak dari tim-tim lain,” lanjut Aji Santoso.

“Saya juga mendengar ada tambahan dua pemain lagi. Mudah-mudahan pemanggilan ini tidak mempengaruhi tim,” ucap Aji Santoso.

Aji Santoso sepertinya masih sedikit ‘trauma’ dengan pemanggilan sejumlah pemain Persebaya untuk bergabung bersama Timnas Indonesia yang berakibat menurunnya performa tim Bajul Ijo di kompetisi BRI Liga 1 2021/22.

Karena itu, Aji Santoso memberikan masukan agar jadwal kompetisi lokal disesuaikan dengan . . . . . . agenda Timnas Indonesia sehingga kedua pihak tidak dirugikan. Artinya, Timnas Indonesia bisa bebas memilih para pemain terbaiknya, tapi klub juga tidak dirugikan karena kehilangan beberapa pemainnya.

’’Apakah dipanggil saat break kompetisi, saya juga belum tahu. Tapi, dari informasi yang saya dapat, pemanggilan ini tidak akan mempengaruhi tim,’’ ujar Aji Santoso.

’’Kalau memang timnas sedang tampil dalam sebuah event, alangkah baiknya kompetisi diliburkan,’’ ucap Aji Santoso.

’’Saya setuju timnas tidak dibatasi dalam memanggil pemain di sebuah klub. Tapi, lebih baik kalau kompetisi diliburkan. Dengan begitu, timnas dan klub sama-sama dapat win-win solution,’’ pungkasnya.

Sementara itu, saat ini Timnas Indonesia tengah menggelar TC di Turki, sebagai persiapan menjelang ajang Piala AFF 2020 yang akan digelar di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Di Piala AFF 2020 ini Timnas Indonesia tergabung di dalam Grup B bersama Malaysia, Vietnam, Kamboja, dan Laos.

x

Check Also

Jelang Lawan Australia, Pelatih Timnas Putri Indonesia Berharap Timnya Tidak Dibebani Dengan Ekspektasi Tinggi

Jakarta – Pelatih Timnas Putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada, berharap timnya tidak dibebani dengan ekspektasi ...