Home > Timnas Indonesia > Mantan Pemain Swansea City Ingin Gabung Timnas Indonesia, Ini Tanggapan PSSI

Mantan Pemain Swansea City Ingin Gabung Timnas Indonesia, Ini Tanggapan PSSI

Jakarta – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memberikan tanggapan terkait keinginan mantan pemain Swansea City, Jordi Amat, untuk bergabung bersama Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Jordi Amat yang lahir di Catalunya, Spanyol, pada 21 Maret 1992 ini mengaku neneknya berasal dari Makassar yang bermigrasi ke Spanyol.

Karena itu, Jordi Amat yang sebelumnya sudah pernah memperkuat Timnas Spanyol kelompok umur tersebut menyatakan niatnya memperkuat Timnas Indonesia.

Terkait hal ini, Indra Sjafri menjelaskan bahwa Jordi Amat harus bisa membuktikan dirinya benar-benar keturunan Indonesia.

“Yang boleh dipanggil ke timnas itu orang yang berpaspor Indonesia. Contohnya Elkan Baggott, itu langsung bisa kami panggil. Kalau belum berpaspor Indonesia, wajib jadi WNI dahulu,” jelas Indra Sjafri.

Sebelum bergabung bersama Timnas Indonesia, Jordi Amat wajib melepas paspor Spanyol miliknya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Bila tidak bisa menunjukkan bukti bahwa Jordi Amat memiliki garis keturunan dari Indonesia, maka selain menjalani proses naturalisasi terlebih . . . . . . dahulu, Jordi Amat juga harus menetap selama lima tahun di Indonesia, sesuai dengan Statuta FIFA.

Kasus ini juga terjadi pada Marc Klok yang belum bisa membela Timnas Indonesia karena masa tinggalnya di Indonesia belum mencapai 5 tahun.

Selain itu, PSSI tidak bisa sembarangan melakukan naturalisasi demi memperkuat Timnas Indonesia bila tidak ada rekomendasi atau kebutuhan dari pelatih.

“Pemanggilan, pemulangan, dan kebutuhan pemain itu tergantung pelatih. Tidak mungkin kami memanggil pemain tanpa rekomendasi pelatih. Semuanya harus dari pelatih,” ujar Indra Sjafri.

x

Check Also

PSSI Bidik Kiper Sampdoria Untuk Dinaturalisasi, Begini Tanggapan Sang Ayah

Jakarta – Nama kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi, belakangan menjadi perbincangan di Tanah Air setelah ...