Home > Timnas Indonesia > Ketua Umum PSSI Tegaskan Tidak Ada Pemain Titipan di Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI Tegaskan Tidak Ada Pemain Titipan di Timnas Indonesia

Jakarta – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan bahwa tidak ada pemain titipan di Timnas Indonesia, karena pemanggilan pemain adalah sepenuhnya wewenang dari pelatih Shin Tae-yong.

Menurut Mochamad Iriawan, dirinya memang pernah diminta untuk menitipkan sejumlah nama pemain ke Timnas Indonesia, namun permintaan tersebut ia tolak.

“Saya tidak campur tangan soal pemilihan pemain Timnas Indonesia. Tidak ada titipan. Itu sudah menjadi komitmen bersama,” tegas Mochamad Iriawan, di acara diskusi dengan wartawan di Garuda Store, Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Senin (15/11/2021).

“Artinya, siapa pun yang diminta Shin Tae-yong akan saya terima karena dia yang tahu soal pemain,” jelasnya.

Salah satu bukti bahwa kewenangan pemilihan pemain ada di tangan Shin Tae-yong adalah pelatih asal Korea Selatan tersebut telah meminta PSSI untuk menaturalisasi empat pemain keturunan Indonesia. Keempat pemain tersebut yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks.

“Sebelum Timnas Indonesia berangkat ke Turki, Shin Tae-yong meminta empat pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Karena pelatih punya otoritas tertinggi memajukan timnas, kami akomodir,” ucap Mochamad Iriawan.

“Komunikasi saya dengan Shin Tae-yong itu enak. Saya cerita, ada teman saya yang mau menitip pemain ke Timnas Indonesia, itu . . . . . . tidak bisa. Shin Tae-yong bicara bahasa Indonesia saja tidak bisa,” lanjut pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Meski demikian menurut Iwan Bule, PSSI tidak bisa langsung memenuhi permintaan tersebut karena harus ditelusuri lebih dahulu garis keturunan dari keempat pemain tersebut.

“Jadi saya enak bicara ke Shin Tae-yong. Dia punya teman di sini saja tidak. Alhamdulillah, soal calon pemain naturalisasi, kami cek dulu untuk dikaji,” ujar Iwan Bule.

Sementara itu, saat ini Timnas Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki sebagai persiapan menghadapi ajang Piala AFF 2020 di Singapura, pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Selain menjalani serangkaian program latihan, Timnas Indonesia juga akan melakukan dua laga tanding, yakni melawan Afghanistan (16 November) dan, Myanmar (25 November).

x

Check Also

PSSI Bidik Kiper Sampdoria Untuk Dinaturalisasi, Begini Tanggapan Sang Ayah

Jakarta – Nama kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi, belakangan menjadi perbincangan di Tanah Air setelah ...