Home > Piala AFF > Jelang Piala AFF 2020, Pelatih Timnas Malaysia Mulai Resah

Jelang Piala AFF 2020, Pelatih Timnas Malaysia Mulai Resah

Jakarta – Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengaku mulai resah menjelang akan dimulainya Piala AFF 2020 yang akan digelar di Singapura, pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Seharusnya Piala AFF 2020 ini digelar pada 23 November hingga 31 Desember 2020 lalu, namun karena pertimbangan pandemi COVID-19 maka penyelenggaraannya ditunda.

Terkait hal ini, Tan Cheng Hoe mengaku mencemaskan kondisi para pemain Timnas Malaysia yang harus membela klubnya masing-masing di ajang Piala Malaysia yang sedang berlangsung saat ini.

Menurut Tan Cheng Hoe, jadwal Piala Malaysia yang ketat dan berdekatan dengan jadwal dimulainya Piala AFF 2020 dikhawatirkan membuat pemain kelelahan dan rawan mengalami cedera.

“Sebagai pelatih, saya tidak khawatir tentang kinerja tim, tetapi lebih tentang cedera dan kelelahan menimpa para pemain,” ungkap Tan Cheng Hoe.

“Jika melihat jadwal Piala AFF, kami tak punya pilihan lain selain mengikutinya,” ujar Tan Cheng Hoe.

“Jadi saya berharap semua pemain yang kami bawa (ke Singapura) dalam keadaan fit.”

“Itu karena (dalam Piala Malaysia) mereka memainkan pertandingan setiap tiga hari,” jelasnya.

“Dan jika mereka berada di 11 besar dan tim mereka berhasil mencapai final, maka hanya dalam sebulan mereka akan tampil dalam 9 pertandingan,” tambah Tan Cheng Hoe.

Piala Malaysia 2021 sendiri dijadwalkan baru berakhir pada 30 November, sedangkan Timnas Malaysia sudah harus bermain di Piala AFF 2020 pada 6 Desember.

“Jika kami mendapatkan tim penuh pada 1 Desember, maka kami dapat memulai pelatihan,” kata Tan Cheng Hoe.

“Tapi mereka yang bermain di final (Piala Malaysia) membutuhkan dua atau tiga hari untuk pemulihan, itu berarti kami hanya memiliki dua atau tiga hari untuk membentuk tim,” keluhnya.

Di Piala AFF 2020, Malaysia berada di Grup B bersama juara bertahan Timnas Vietnam, Indonesia, Laos, dan Kamboja.

Pada 6 Desember . . . . . . 2021 mendatang, Timnas Malaysia akan bertanding lebih dulu melawan Kamboja di laga pertama, lalu Laos, Vietnam, dan, baru kemudian bertemu Timnas Indonesia.

Bagi Tan Cheng Hoe, Vietnam dan Indonesia, akan menjadi dua tim yang harus mendapatkan perhatian khusus.

Pada Piala AFF 2018 lalu, Malaysia berhasil lolos hingga ke final, namun kalah dari Vietnam dengan agregat 2-3.

Untuk ajang Piala AFF 2020 ini, Tan Cheng Hoe berharap Malaysia bisa kembali mencapai final.

“Bukan hanya pelatih, fans juga mengharapkan timnas mencapai level tertinggi, yaitu lolos lagi ke final,” ucapnya.

“Kami juga ingin memenangi sesuatu untuk 2021,” tambah Cheng Hoe.

Baca juga : Jelang Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Gelar Laga Uji Coba Lawan Afghanistan dan Myanmar

Performa Timnas Malaysia tercatat cukup baik di ajang Piala AFF. Dalam lima edisi terakhir Piala AFF, Malaysia berhasil melewati babak penyisihan grup sebanyak empat kali, tiga kali mencapai final, dan sekali menjadi juara yakni pada tahun 2010 setelah mengalahkan Timnas Indonesia di final.

Sementara itu, Timnas Indonesia rencananya akan menggelar pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan menjelang Piala AFF 2020.

Di Turki, selain menggelar serangkaian latihan, tim asuhan Shin Tae-yong ini juga akan menggelar laga uji coba melawan Afghanistan dan Myanmar.

Pada kesempatan ini, Shin Tae-yong juga membawa Timnas Indonesia U-18 sebagai persiapan awal menghadapi Piala Dunia U-20 2023.

x

Check Also

Piala AFF Ditunda Tahun Depan, Nadeo Argawinata Berharap Bisa Disaksikan Penonton

Denpasar – Kiper andalan Bali United Nadeo Argawinata menanggapi positif penundaan Piala AFF 2020 ke ...