Home > Timnas Indonesia > Timnas Taiwan Dilanda Masalah Internal Jelang Lawan Indonesia

Timnas Taiwan Dilanda Masalah Internal Jelang Lawan Indonesia

Jakarta – Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertarung melawan Taiwan pada laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, di Thailand pada tanggal 7 dan 11 Oktober 2021 mendatang.

Menjelang laga tersebut, kabar kurang baik datang dari kubu Timnas Taiwan dimana sang pelatih dan beberapa pemain terpaksa menerima hukuman dari Federasi Sepakbola Cina Taipei (CTFA) karena kasus indisipliner.

Dalam keterangan resminya, CTFA mengungkapkan bahwa pelatih Wang Jiazhong dan beberapa pemain Taiwan diberi sanksi menyusul tindakan indisipliner yang dilakukan pada Agustus dan September saat digelarnya pemusatan latihan (TC).

Pada 21 Agustus 2021 lalu, tiga pemain Taiwan, yakni Chen Haowei, Bai Shaoyu, dan Duan Zhu kedapatan keluar ke tempat hiburan malam bersama dua teman wanita mereka. Kepulangan ketiga pemain tersebut diketahui oleh staf pelatih, namun tidak mendapatkan tindakan tegas.

Di tanggal yang sama, tiga pemain Taiwan lainnya, yakni Li Xiangwei, Lin Mingwei, dan You Jiahuang, diketahui meninggalkan tempat penginapan untuk membeli wine. Kegiatan ketiga pemain ini juga diketahui oleh staf pelatih, tapi tidak ada tindakan apapun.

Lalu pada 11 September lalu, enam pemain Taiwan, yakni You Jiahuang, Chen Haowei, Bai Shaoyu, Duan Zhu, Lin Mingwei, dan You Jiahuang menerima kedatangan kerabat dan teman-temannya di tempat . . . Gabung . . . penginapan untuk minum-minum hingga tengah malam.

Ketika waktu sarapan pagi, Chen Haowei, Bai Shaoyu, Duan Zhu, dan You Jiahuang tidak hadir. Untuk kejadian ini pun tidak ada tindakan apapun dari staf pelatih.

Karena itu, CTFA pun menganggap pelatih Wang Jiazhong tidak bisa mengendalikan para pemainnya. Wang Jiazhong dicopot dan sementara digantikan asisten pelatih Ye Xianzhong.

Sementara itu, You Jiahuang dihukum tidak bisa memperkuat Timnas Taiwan selama enam bulan, serta dikenai denda sebesar 10 ribu yuan, atau sekitar Rp22 juta.

Chen Haowei, Bai Shaoyu, dan Duan Zhu dikenai sanksi tidak boleh membela timnas selama satu tahun, dan didenda sebesar 30 ribu yuan, atau sekitar Rp66,4 juta.

Dua pemain lainnya, yakni Li Xiangwei dan Lin Mingwei, hanya diberikan surat peringatan dan harus menandatangani surat pernyataan sikap.

x

Check Also

Shin Tae-yong Nilai Postur Tubuh Pemain Taiwan Berbahaya Bagi Timnas Indonesia

Jakarta – Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Taiwan pada laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala ...