Home > Berita Bola > Permasalahan LADI Dengan WADA Sudah Hampir Selesai

Permasalahan LADI Dengan WADA Sudah Hampir Selesai

Jakarta – Permasalahan Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) dengan Badan Antidoping Dunia (WADA) sudah hampir selesai. LADI mengklaim telah menyelesaikan 24 masalah tertunda (pending matters) yang membuat Indonesia mendapatka sanksi dari WADA.

Menurut keterangan Wakil Kedua LADI Rheza Maulana, 24 pending matters tersebut terkait dengan masalah administratif.

“Untuk administratif telah kami penuhi walaupun ada beberapa hal yang harus dilengkapi seperti penandatanganan (MoU) dengan seluruh cabang olahraga,” kata Rheza Maulana, dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Penandatanganan MoU dengan induk cabang olahraga ini menjadi prioritas yang harus segera diselesaikan sebagai salag satu syarat yang ditetapkan WADA agar LADI mendapatkan status compliance atau patuh.

Lebih jauh Rheza mengakui bila selama ini LADI tidak memiliki perjanjian tertulis dengan induk cabang olahraga, dan hal ini oleh WADA dianggap sebagai kelalaian yang sangat fatal.

Selain itu, LADI juga harus melakukan pembaruan MoU dengan laboratorium tes sampel doping di Qatar. Untuk hal ini, LADI harus lebih dahulu menyelesaikan tunggakannya sejak . . . . . . 2017 lalu.

“Itu kemarin oleh pemerintah dikebut sekali untuk segera diselesaikan. Seharusnya kan diinvestigasi dulu, audit dulu, baru disetor. Tapi kemarin situasinya urgent, jadi disetor dulu baru diinvestigasi dan audit kemudian,” ungkap Rheza.

Karena itu, LADI saat ini tengah bekerja sama dengan Lembaga Antidoping Jepang (JADA) yang bertugas sebagai supervisi, guna melakukan tes doping sejumlah yang telah disyaratakan WADA.

WADA meminta LADI melakukan 122 tes doping hingga Desember mendatang. Tes tersebut dilakukan dengan dua cara yakni tes saat kompetisi dan di luar kompetisi yang sifatnya dadakan dan acak.

x

Check Also

Selalu Bersaing Jadi Pemain Terbaik, Lionel Messi Masih Beri Pujian Untuk Cristiano Ronaldo

Jakarta – Lionel Messi tidak pernah lepas dari Cristiano Ronaldo dalam hal bersaing sebagai pemain ...