Home > Berita Liga Inggris > Manchester United > Manchester United Pernah Diselamatkan Dari Kebangkrutan Oleh Seekor Anjing

Manchester United Pernah Diselamatkan Dari Kebangkrutan Oleh Seekor Anjing

Manchester – Salah satu klub raksasa Liga Inggris, Manchester United, ternyata pernah melewati masa-masa sangat sulit, bahkan nyaris bangkrut.

Menurut catatan situs resmi Manchester United, sekitar tahun 1900-an, saat klub Manchester United masih bernama Newton Heath, kondisi finansial klub mengalami krisis hingga terjadi eksodus pemain karena kebangkrutan sudah di depan mata.

Melihat kondisi ini, kapten tim Harry Stafford bersama sejumlah pemain berinisiatif untuk menggelar bazar demi menggalang dana guna menyelamatkan klub dari kebangkrutan.

Bazaar digelar di pusat kota Manchester pada akhir Februari 1901 dengan target keuntungan 1.000 poundsterling.

Namun sayangnya, upaya tersebut gagal. Bahkan biaya untuk menggelar bazaar lebih tinggi dari keuntungan yang diraup, sehingga kondisi Newton Heath pun makin tidak jelas.

Bagi kapten Harry Stafford, kondisi ini diperparah dengan hilangnya anjing kesayangannya yang bernama The Major. Anjing jenis St. Bernard ini biasa digunakan sebagai maskot saat Newton Heath akan bertanding.

Kebetulan, seorang pengusaha bernama John Henry Davies yang tengah makan di sebuah restoran di Machester melihat The Major berkeliaran di jalanan.

Ketika The Major sudah kembali ke tangan Harry Stafford, John Henry Davies yang . . . . . . jatuh hati kepada The Major menawari Harry untuk membeli anjingnya.

Awalnya tawaran tersebut ditolak oleh Harry Stafford. Namun karena terbeban dengan kondisi klub akhirnya ia merelakan The Major dibeli oleh John Henry Davies untuk diberikan kepada anak perempuan Davies.

Ternyata momen ini justru mendatangkan rezeki tersendiri bagi Newton Heath karena John Henry Davies juga tertarik untuk membeli saham klub guna menyelamatkan kondisi finansialnya.

Setelah Newton Heath dimiliki John Henry Davies, Harry Stafford diangkat menjadi direktur klub. Saat itu kemudian muncul ide untuk mengubah nama klub menjadi Manchester United (nama lain yang diajukan adalah Manchester Celtic).

Melalui momen ini, Manchester United yang pernah nyaris bangkrut kemudian bangkit dan berkembang menjadi besar hingga saat ini.

x

Check Also

Mampu Imbangi Chelsea Dinilai Jadi Momentum Kebangkitan Manchester United

Manchester – Legenda Manchester United, Paul Scholes, menilai hasil imbang pada laga Chelsea vs Manchester ...