Home > Timnas Indonesia > Timnas Indonesia Pernah Membuat Pemain Sekelas Ruud Gullit Frustrasi

Timnas Indonesia Pernah Membuat Pemain Sekelas Ruud Gullit Frustrasi

Jakarta – Pada jamannya, Indonesia pernah memiliki tim nasional yang cukup kuat hingga membuat klub sekelas PSV Eindhoven dengan penyerang sekelas Ruud Gullit merasa frustrasi.

Pada tahun 1987, atau setahun sebelum Belanda yang saat itu diperkuat Ruud Gullit menjadi juara EURO 1988, PSV Eindhoven pernah mengunjungi Indonesia.

Tepatnya pada Juni 1987, klub papan atas Liga Belanda (Eredivisie) ini melakukan laga persahabatan melawan Persib Bandung dan Timnas Indonesia.

Momen ini menjadi yang kedua kalinya bagi PSV Eindhoven melakukan lawatan ke Indonesia.

Sebelumnya, PSV Eindhoven juga pernah berkunjung ke Indonesia, yaitu pada tahun 1971.

Ketika itu, PSV Eindhoven yang masih diperkuat Guus Hiddink dilayani oleh PSMS Medan di Stadion Teladan, Kota Medan pada 14 Juni 1971. Pada laga tersebut, PSMS Medan dibantai dengan skor 0-4.

Sedangkan pada lawatannya yang kedua di tahun 1987, PSV Eindhoven sudah diperkuat oleh beberapa nama pemain bintang, seperti Ruud Gullit, Ronald Koeman, hingga Eric Gerets.

Saat bertanding melawan Persib Bandung pada 11 Juni 1987, juara Liga Belanda musim 1986-87 tersebut menang dengan enam gol tanpa balas.

Lalu pada 14 Juni 1987, giliran Timnas Indonesia yang menjamu Ruud Gullit dan kolega di Stadion Utama Senayan, atau yang sekarang berganti . . . Gabung . . . nama menjadi Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kesempatan ini sekaligus menjadi persiapan Timnas Indonesia yang akan bertanding melawan Jepang di ajang Kualifikasi Olimpiade 1988 yang akan berlangsung di Seoul, Korea Selatan.

Timnas Indonesia saat itu dilatih oleh Bertje Matulapelwa, dan diperkuat oleh Rully Nere, Ribut Waidi, dan Ricky Yacobi.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia berhasil membuat PSV Eindhoven kerepotan. Tim Merah Putih bahkan berhasil unggul dua gol terlebih dahulu melalui Ricky Yacobi dan bek kiri Jaya Hartono.

Pada babak kedua, PSV Eindhoven yang tidak ingin kehilangan muka kemudian bangkit dan mencetak 3 gol sehingga skor berbalik menjadi 3-2.

Namun pada menit ke-82, Ricky Yacobi kembali berhasil mencetak gol lewat tendangan penalti yang membuat skor berakhir imbang 3-3.

Saat itu, dikabarkan Ruud Gullit terlihat kesal karena timnya hanya bermain imbang melawan Timnas Indonesia.

x

Check Also

Mantan Pemain Timnas Indonesia Kritik Pembinaan Pemain Muda PSSI

Jakarta – Mantan pemain Timnas Indonesia, Dede Sulaiman, mengkritik kebijakan PSSI terkait pembinaan pemain diusia ...