Home > Berita Liga Indonesia > Sudah Kantongi Izin, Liga 2 di Luar Pulau Jawa Bisa Digelar

Sudah Kantongi Izin, Liga 2 di Luar Pulau Jawa Bisa Digelar

Jakarta – Liga 2 2021 Grup A dan Grup D yang akan digelar di luar Pulau Jawa sudah mendapatkan izin dari Menteri Koorinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto selaku penanggungjawab PPKM luar Jawa-Bali.

Izin tersebut diberikan setelah Menpora Zainudin Amali, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bertemu Airlangga Hartarto, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat pada Selasa (28/9/2021) siang.

Sebelumnya, Liga 2 2021 sudah mulai bergulir dengan dibuka oleh laga Persis Solo vs PSG Pati di Stadion Manahan, Kota Solo, Minggu (26/9/2021) lalu.

Namun untuk babak penyisihan Grup A dan Grup D masih menunggu izin dari penanggungjawab PPKM luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto.

Seperti diketahui, penyisihan Grup A Liga 2 2021 akan digelar di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Sedangkan fase penyisihan Grup D dilangsungkan di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Pada pertemuan tersebut, PSSI dan PT LIB juga meminta izin untuk menyelenggarakan pertandingan di Stadion Kaharudin Nasution, Pekanbaru, Riau dan Stadion Batakan, Balikpapan.

Dalam keterangannya, Airlangga Hartarto secara umum mengizinkan diselenggarakannya kompetisi Liga 2 2021 di luar Pulau Jawa dan Bali karena telah melihat bagaimana protokol kesehatan dilakukan dengan ketat pada turnamen Piala Menpora 2021 lalu dan Liga 1 2021/22 yang saat ini sudah berjalan selama lima pekan.

“PPKM di Pekanbaru level 2, lalu Palembang level 2, Balikpapan masih level 4 dan Palangkaraya level 3,” jelas Airlangga Hartarto.

“Dengan demikian apa yang diusulkan oleh PSSI dan Menpora bahwa liga ini diselenggarakan tanpa penonton dan juga diselenggarakan dengan prokes ketat dan melihat dari pengalaman penyelenggaraan Liga 1,” lanjutnya.

“Baik itu dilakukan PCR . . . Gabung . . . maupun tes antigen tidak hanya setiap hari, tetapi setiap kali memasuki venue dan ini suatu hal prokes yang baik. Lalu, pada saat ada yang positif langsung diisolasi,” sambung Airlangga.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan, apa yang telah disampaikan Airlangga Hartarto selaku penanggungjawab PPKM luar Jawa-Bali akan menjadi pedoman bagi penyelenggara kompetisi.

“Tentu apa yang sudah diarahkan Pak Menko tentu akan kami pedomani,” ujar Zainudin Amali.

“Saya kira ini juga akan jadi pedoman umum menyelenggarakan kegiatan keolahragaan di wilayah PPKM luar Jawa dan Bali.”
“Dimana, Pak Menko Perekonomian yang menjadi penanggung jawabnya,” lanjut Zainudin Amali.

Sedangkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam keterangannya mengucapkan terima kasih kepada semua pejabat terkait sehingga izin kompetisi sepak bola di Indonesia bisa digelar.

“Kami sudah jelaskan tadi, baik pengalaman Piala Menpora dan Liga 1 yang sudah bergulir, dan juga kick-off Liga 2 di Solo,” kata Mochamad Iriawan.

“Semua prokes ketat kami kedepankan dan Insya Allah Liga 2 bisa diselenggarakan di seluruh Indonesia,” ujar Iriawan.

“Terima kasih Pak Menko Maritim, Pak Menpora dan Menko Perekonomian yang sudah memberikan izin untuk pelaksanan Liga 2 ini di Sumatra dan Kalimantan,” tutupnya.

x

Check Also

Jelang Akan Dimulainya Liga 2 2021, Masih Ada 6 Klub Yang Menunggak Gaji Pemain

Jakarta – Menjelang akan dimulainya kompetisi Liga 2 2021 pada 26 September mendatang, Asosiasi Pesepakbola ...