Home > Piala AFF > Satu Grup Bersama Vietnam dan Malaysia, Shin Tae-yong : Sangat Menarik

Satu Grup Bersama Vietnam dan Malaysia, Shin Tae-yong : Sangat Menarik

Jakarta – Timnas Indonesia akan bertarung melawan Vietnam dan Malaysia, yang tergabung di dalam satu grup di ajang Piala AFF 2020.

Seperti diketahui, drawing pembagian grup Piala AFF 2020 sudah selesai dilakukan pada Selasa (21/9/2021) lalu.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Sementara itu, Grup A Piala AFF 2020 berisikan Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura dan satu tim lagi yang ditentukan lewat babak kualifikasi.

Terkait hasil drawing pembagian grup Piala AFF 2020 ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyambut baik karena Indonesia akan berada satu grup dengan Vietnam dan Malaysia.

Baca juga : Timnas Indonesia Satu Grup Dengan Vietnam Dalam Drawing Piala AFF 2020

“Berada di Grup B bersama Vietnam dan Malaysia sangat menarik bagi saya. Mereka tim yang kuat, namun kami akan berjuang keras demi meraih kemenangan di setiap laga. Kami akan melakukan persiapan dengan baik,” kata Shin Tae-yong, Selasa (21/9/2021).

Pada Piala AFF Suzuki 2018 lalu, Timnas Indonesia gagal lolos ke babak semifinal. Ketika itu, tim Garuda berada satu grup dengan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

Sementara itu, Sekjen PSSI Yunus Nusi, memperkirakan persaingan akan berjalan dengan ketat karena di dalam Grup B ada dua tim kuat yakni Malaysia dan Vietnam.

“Kami yakin Indonesia dapat . . . Gabung . . . lolos ke fase selanjutnya dari penyisihan Grup B ini. PSSI tentu akan mempersiapkan tim nasional dengan baik dan dukungan penuh dari pelatih Shin Tae-yong demi meraih prestasi di ajang tersebut,” kata Yunus Nusi.

Untuk diketahui, turnamen paling bergengsi antar negara ASEAN ini seharusnya digelar pada 23 November sampai 31 Desember 2020, namun diundur karena pandemi COVID-19.

Rencananya, Piala AFF 2020 akan digelar pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Pada gelaran ini, Timnas Indonesia belum pernah meraih juara. Prestasi tertinggi Indonesia yakni lima kali mencapai babak final. Terakhir kali Timnas Indonesia masuk final Piala AFF pada tahun 2016 lalu.

Thailand menjadi negara yang paling sering menjadi juara Piala AFF, yakni sebanyak lima kali, sedangkan Singapura sudah empat kali menjadi juara Piala AFF.

Vietnam sudah dua kali menjadi juara, sedangkan Malayia baru sekali yakni di tahun 2010 lalu.

x

Check Also

Tanggapan PSSI Soal Turnamen Piala AFF di Indonesia Yang Ditunda

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) legowo menerima keputusan dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) soal ...